Sempat Ditunda, Pleno Penghitungan Suara Serentak di Tingkat Kecamatan Dimulai Lagi

sempat-ditunda-pleno-penghitungan-suara-serentak-di-tingkat-kecamatan-dimulai-lagi
I Kadek Sukara, komisioner KPU Karangasem, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem kembali melaksanakan pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan serentak hari ini Selasa(20/2). Pleno yang sempat ditunda diakibatkan adanya pemeliharaan data pada sistem Sirekap tersebut kini sudah bisa digunakan kembali, hal itu disampaikan I Kadek Sukara, komisioner KPU Karangasem, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

“Penundaan pleno di Kecamatan terjadi pada hari Minggu tanggal 18 kemarin di seluruh Kecamatan di Indonesia, atas instruksi KPU Pusat. Kan masih ada waktu karena pleno di kecamatan batas waktunya sebenarnya hingga 3 Maret 2024 mendatang, namun hari ini sudah buisa digunakan kembali,” terang Sukara kepada media ini.

Sukara menyebut, informasi dari KPU pusat bahwa Sirekap mengalami kesalahan pemasukan data oleh KPPS sebelumnya. Penghentian pleno di Kecamatan Minggu kemarin itu mengantisipasi agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tidak ikut kena imbas kesalahan atas Sirekap yang mengalami masalah.

“Sebenarnya sudah ada 3 kecamatan yang serentak melakukan pleno di Kecamatan, yakni kecamatan Karangasem, Kubu dan Kecamatan Manggis. Bahkan saat instruksi penghentian pleno tersebut ada satu desa di kecamatan yang sudah selesai melakukan penghitungan suara di masing-masing TPS. Tetapi hari ini pleno dilanjutkan lagi,” pungkas Sukara. (ger/bfn)