Sepanjang Tahun 2021, 4000 Warga Karangasem Sudah Kantongi Akta Nikah

banner 120x600

Bupati Dana: Program Jana Kerthi Bidang Kependudukan Berjalan Efektif


KARANGASEM, Balifactualnews.com—Pendataan administrasi kependudukan melalui program jemput bola yang digelontorkan Bupati Gede Dana sejak awal kepemimpinannya bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, hasilnya cukup moncer.

Bahkan sepanjang tahun 2021, tercatat sebanyak 4000 orang warga masyarakat Karangasem menjalankan perkawinan dan  langsung  mendapatkan akta pernikahan dari  Pemkab Karangasem.

Sebagai implementasi Visi Misi Pemkab Karangasem, Program Jana Kerthi bidang kependudukan yang digelontorkan  itu  terbukti sangat memudahkan  masyarakat mengurus  adminitrasi sebagai warga yang sah.  Pasalnya warga yang menikah, selain diberikan akta pernikahan, juga dibuatakan kartu tanda pendudukan (KTP) dan KK dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Program  Jana Kerthi Bidang Kependudukan  bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasinya sebagai warga Negara. Selama setahun berjalan, program ini sudah sangat efektif dan masih perlu ditingkatkan lagi,” ucap Bupati Gede Dana,  Jumat (31/12/2021)

Menurut Bupati, program Jana Kerthi dengan memberikan langsung akta nikah bagi warga yang menjalankan perkawinan, dinilai sangat penting dalam pencatatan kependudukan di Karangasem tahun-tahun berikutnya, karena akan berimbas pada palidasi jumlah penduduk yang ada.

“Akta  pernikahan yang sudah kita  yang kita berikan langsung saja jumlahnya sudah 4000 orang. Ini belum termasuk warga yang mencari secara langsung ke Disdukcapil. Kalau dilakukan pendataan  jumlah warga yang menjalankan pernikahan ditahun 2021 bisa lebih dari itu,” ungkap Bupati Gede Dana.

Dengan adanya program Jana Kerthi tersebut, Bupati menginstruksikan Disdukcapil  agar data base  kependudukan yang sudah ada  harus bisa diperbaiki lagi, sehingga pencatatan kependudukan yang ada diwilayahnya bisa menjadi semakin baik. (tio/bfn)