Setiap Bulan Dishub Karangasem Mampu Turunkan Tagihan PLN Rp 150 Juta

setiap-bulan-dishub-karangasem-mampu-turunkan-tagihan-pln-rp-150-juta
Cokorda Surya Darma, kadis Perhubungan Karangasem

KARANGASEM, Bali Factual News–Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karangasem, Cokorda Surya Darma, mengungkapkan,tagihan listrik  lampu penerangan jalan umum (LPJU)  di Karangasem, turun dari 550 menjadi 400 juta perbulan.  

Sesuai surat tagihan dari PLN, kata Surya Darma,  biaya tagihan listrik  sebanyak itu untuk membiayai 4.553 titik LPJU, baik milik Kabupaten, Provinsi, mapun pusat. Pusat.

“Ada penurunan sekitar  Rp 100 juta  hingga Rp 150 juta per bulan. Kalau di kalkulasi per tahun, biaya tagihan listrik mencapai Rp 4.8 miliar hingga Rp 5 miliar lebih,” terang, Cok Surya Darma, dikonfirmasi, Kamis (18/1/2024).

Dijelaskan,  Jumlah LPJU sebanyak 4.553 titik, meliputi lampu penerang bersumber listrik yang ada di semua kecamatan, lampu penerang tenaga surya, dan lampu  hias. 

“Turunkan tagihan listrik disebabkan  beberapa  faktor. Selain lampu balon sudah diganti dengan LED, beberapa LPJU juga sudah dipasangi meterisasi yang berfungsi untuk mengukur pemakaian listrik, serta menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis di malam dan pagi hari,” ungkap pejabat asal Puri Klungkung itu, seraya menambahkan, bahwa  tagihan listrik LPJU  pembayarannya  diambil dari pajak LPJU di Karangasem.

Sekadar diketahui, jumlah LPJU di Karangasem sekitar 4.553 titik. Tersebar di delapan kecamatan. Tahun 2024 jumlah LPJU kemungkinan akan ditambah. 

Tahu 2023, kata Cok Surya Darma,  pajak penerangan jalan di Kabupaten Karangasem sekitar Rp 16.9 miliar dan terealisasi Rp 17.9 miliar lebih.  “Tahun ini (2024) kami targetkan pendapatan dari sektor pajak penerangan jalan umum sebanyak Rp 19 miliar. Target  ini dinaikan karena capaian tahun 2023 melampaui target,” pungkasnya. (tio/bfn)

Exit mobile version