Solar Langka, Atrean Truk Mengular di Sejumlah SPBU

solar-langka-atrean-truk-mengular-di-sejumlah-spbu
Atrean truk galian C di SPBU Subagan.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Bahan bakar solar mulai langka di Karangasem. Kondisi ini mengakibatkan antrean tru galian C mengular di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Pantauan dilapangan, Senin (5/11) menyebutkan, antrean truk galian C tidak hanya terlihat di SPBU Subagan, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, sejumlah SPBU lainnya, seperti di wilayah Kecamatan Kubu, Rendang dan Kecamatan Abang juga mengalami keluhan serupa.

Di SPBU Subagan, terpantau truk pengakut material galian C tampak berjejer menunggu guliran mendapatkan solar tersebut. Atrean truk besar yang mengular, membuat arus lalu lintas di jalan Ahmad Yani menjadi krodit. Mengghidari terjadinya kemacetan pajang, petugas Polantas Polres Karangasem mengalihkan arus lalulintas melalui jalur alternative melewati perkampungan.
Antrean truk panjang tak hanya terjadi di wilayah kota saja, berdasarkan informasi yang diterima dari petugas kepolisian Polsek Rendang, antrean truk panjang juga terjadi di SPBU Pesaban dan Rendang yang ada di Kecamatan Rendang. Truk-truk mengantre untuk bisa mendapatkan solar.

Made Madra salah sopir truk galian C yang ditemui di SPBU Subagan, mengaku sudah tiga jam antre untuk mendapatkan solar. Langkanya solar di SPBU membuat dia dan sopir truk lainnya mengantre cukup lama. “Saat ini hanya disini saja masih ada solar, di tempat yang lainnya solar sudah habis,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, State Street Global Advisor (SSGA) Depo Manggis, Dian Hermansyah, menampik kelangkaan BBM jenis solar tersebut. Dia mengatakan, bahwa solar masih aman-aman saja dan stoknya masih ada hingga tahun baru. Pernyataan Dua Hermansyah itu berbalik dengan kondisi langkanya solar di sejumlah SPBU di Karangasem. Terkait hal ini dia menolak untuk mengomentari.

“Kami pastikan stok solar di Depo Manggis masih aman hingga tahun baru. Nah Kalau untuk masalah kelangkaan solar di sejumlah SPBU di Karangasem, silahkan tanayakan langsung ke retail cabangnya di denpasar. Kami disini bertugas hanya menyalurkan saja,” terangnya.
Hermansyah, juga tidak berani memastikan berapa jatah yang didapat oleh masing-masing SPBU. Karena jatahnya berbeda. “Silahkan tanyakan langsung ke cabang ya. Karena yang menentukan jatah BBM untuk SPBU bukan menjadi kewenangan kami,” kilahnya. (tio/bfn)