Suwirta Dongkrak Perolehan Suara Cok Gde Agung Lolos ke Kursi DPRD Bali

suwirta-dongkrak-perolehan-suara-cok-gde-agung-lolos-ke-kursi-dprd-bali
Nyoman Suwirta kini lolos wakil Klungkung DPRD Bali.
banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com –  Caleg new comer yang juga notabene Mantan Bupati Klungkung dua periode (2013-2018 dan 2018-2023) I Nyoman Suwitra, dipastikan bakal  duduki  kursi empuk wakil rakyat  DPRD Bali dari Dapil Klungkung.
Yang menarik dari lolosnya putra Ceningan,Nusa Penida ini ,dimana perolehan suaranya sangat pantastis
Berdasarkan penghitungan yang dilakukan mandiri oleh masing-masing caleg hingga Minggu (18/2) kemarin, perolehan suara tertinggi diraih oleh I Nyoman Suwitra. Suwirta mengklaim meraih 51.000 suara, disusul oleh Ketut Juliarta 16.000 suara dan Tjok Agung 9.000 suara lebih.
Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 mengatur tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Dapil 8 atau Kabupaten Klungkung mendapatkan jatah 3 kursi di DPRD Provinsi Bali. Tentu saja perolehan suara Nyoman Suwirta menjadi pendongkrak suara perolehan Cok Gde Agung yang juga calon dari PDI.P wakil Klungkung.
Dalam Pemilu 2019 kursi DPRD Bali Dapil Klungkung juga direbut 2 kursi oleh PDIP dan 1 kursi direbut oleh Gerindra. Suwirta mengatakan penghitungan suara hingga Minggu pagi yang terkumpul sebanyak 51.000 lebih. Sementara perolehan suara partai PDIP untuk DPRD Bali Dapil Klungkung mencapai 60.000 suara. Namun, dia tetap menunggu hasil pleno per kecamatan.
“Kita tunggu dulu pleno nya biar tidak membias,” kata politisi asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini.
Sementara itu Ketut Juliarta dari Partai Gerindra Klungkung juga melakukan penghitungan perolehan suara secara mandiri dan hingga Jumat kemarin sudah masuk sekitar 16.000 suara. “Dengan perolehan suara itu, saya bisa amankan posisi kursi DPRD Bali,” ujar Juliarta.
Perolehan suara ini menjadi prestasi tersendiri bagi dirinya. Mengingat raihan suara tersebut, meningkat dua kali lipat dari pemilu sebelumnya. Dia memprediksi, jumlah kursi di DPRD Provinsi Bali akan sama seperti tahun sebelumnya yakni 2 kursi dari PDIP dan 1 kursi dari Gerindra.
Untuk hasil hitung cepat sementara, Prabowo-Gibran unggul di semua Kecamatan di Kabupaten Klungkung. Bahkan saat awal-awal penghitungan, Prabowo-Gibran unggul di Klungkung dengan persentase 84 persen. Angka ini menurut Juliarta, memang merupakan kejutan yang harus disyukuri.
“Setiap saya ketemu Prabowo, beliau selalu bilang sapa dan temui masyarakat dan sampaikan salam beliau ke masyarakat. Hal itu juga yang saya lakukan di Klungkung. Saya datangi masyarakat, dan saya sampaikan salam beliau, serta sampaikan program-program beliau,” ungkap Juliarta.
Selain itu, branding dari pasangan Prabowo-Gibran selama ini, juga dirasa melekat di masyarakat. Termasuk menyatukan dua generasi, juga menurutnya menjadi penentu dalam Pemilu tahun ini,sebutnya. (Roni/bfn)