Tampilan TPS Lebih Keren dan Berhadiah, KPU Karangasem Kembali Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

tampilan-tps-lebih-keren-dan-berhadiah-kpu-karangasem-kembali-gelar-simulasi-pemungutan-dan-perhitungan-suara
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem kembali menggelar simulasi pemingutan dan perhitungan suara yang dilaksanakan di TPS 18, di Banjar Adat Timbul, lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Karangasem, Rabu (31/1).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem kembali menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang dilaksanakan di TPS 18, di Banjar Adat Timbul, lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Karangasem, Rabu (31/1).

Ada yang menarik pada simulasi yang dilaksanakan kedua kalinya itu, pihak KPU Karangasem selain mendesain tampilan TPS lebih keren (menarik-red) juga dibagikan baju kaos dan uang pengganti transport kepada para partisipasi pemilih.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Karangasem I Putu Darma Budiasa, di sela sela memantau jalannya simulasi kepada awak media mengatakan, pemberian uang pengganti transport kepada para peserta pemilih dan hadiah baju kaos adalah untuk menarik minat warga untuk datang ke TPS.

Baca Juga : 17 Titik Jalan Rusak di Karangasem Segera Diperbaiki

“Pada simulasi kali ini kami targetkan minimal 83 persen partisipasi masyarakat yang hadir untuk mengikuti simulasi. Untuk jumlah pemilih di TPS 18 Kelurahan Padangkerta keseluruhan berjumlah 259 orang pemilih yang terdiri 116 pemilih laki – laki dan 143 orang pemilih perempuan,” terang Darma Budiasa.

Budiasa menyebut, simulasi kedua ini dilaksanakan menyusul pada simulasi yang pertama terdapat protes di tingkat pusat terkait surat suara pilpres yang hanya mencantumkan dua kolom saja. Dan simulasi kali ini pihaknya mengisi empat kolom untuk surat suara.

Baca Juga : Bermula Dari Hobby, Buleleng FPV Mampu Hasilkan Cuan dan Cetak Atlet Berprestasi

Pantauan media ini dilokasi simulasi, terlihat masyarakat sangat antusias mengukuti tahapan demi tahapan pemungutan dan perhitungan suara. “Secara keseluruhan pelaksanaan simulasi kedua ini berjalan dengan baik dan lancar, meski terdapat kendala bagi para lansia, masih banyak yang kesulitan untuk membuka sekaligus melipat surat suara serta mencari pilihan yang akan dicoblos, terutama untuk calon anggota legislative,” tandas Darma Budiasa.

Sementara itu salah satu warga yang ikut memilih yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dirinya sangat antusias mengikuti simulasi yang dilaksanakan KPU. “Senang ikut simulasi, agar nanti saat hari pencoblosan tidak bingung, apalagi dapat uang transport dan hadiah,” ujarnya sumringah. (ger/bfn)