Teknisi LPJU Dishub Karangasem Dilatih Cara Memperbaiki LED 

teknisi-lpju-dishub-karangasem-dilatih-cara-memperbaiki-led
Puluhan teknisi Dinas Perhubungan (Dishub) dari empat kabupaten, yakni Karangasem, Tabanan, Denpasar dan Buleleng mengikuti pelatihan perawatan LPJU LED yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan, Selasa (6/2/2024).

KARANGASEM, Bali Factual News-Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang sebelumnya menggunakan lampu mercury  kini mulai beralih dengan menggunakan Light Emitting Diode (LED) Siklon. Selain efisien, perawatannya juga  jauh lebih mudah. 

Di Karangasem LPJU dengan LED  Siklon juga mulai dipasang di beberapa ruas jalan untuk mengganti LPJU Mercury yang dinilai boros anggaran. PT Catur Mukti Pratama, selaku vendor dalam pengadaan LED Siklon, juga tidak mau asal pasang begitu saja. Sebagai bentuk kompensasi, perusahaan yang melayani penyediaan LED Siklon di  Bali, juga memberikan pelatihan cara merawat  LPJU  tersebut yang dipusatkan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Karangasem, Selasa (6/2/2024). 

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Tjokorda Ade Surya Darma, ditemui usai  membuka kegiatan tersebut, mengatakan, pihaknya mengirim 25 orang petugas LPJU  untuk mengikuti pelatihan tersebut bersama petugas LPJU tiga kabupaten lainnya seperti, Denpasar, Tabanan, dan Buleleng. 

“Pelatihan ini sangat penting, karena bagian dari penyiapan SDM (teknisi) LPJU, apalagi  Karangasem secara bertahap akan beralih  dari LPJU Mercury ke LPJU LED. Pelatihan  dilaksanakan satu hari, para teknisi ini diberikan pengetahuan cara  merawat maupun cara memperbaiki setiap komponen yang ada pada lampu LED tersebut,” jelas Tjok Surya Darma. 

Sebagai bukti para teknisi memiliki keahlian, kata Tjok Surya, PT Catur Mukti Pratama sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut juga memberikan sertifikat.  “Sertifikat pelatihan yang dipegang para teknisi merupakan keabsahan bahwa  mereka  diakui memiliki kemampuan  sesuai standar yang dimiliki dan tidak abal-abal,” terangnya. 

Perwakilan Marketing Regional Wilayah Timur PT  Catur Mukti Pratama, Sesar Arya Revan Diarta, mengatakan, Karangasem merupakan salah satu user terlama yang ada di Bali, pelatihan seperti ini memang rutin digelar untuk meningkatkan kapasitas teknisi yang ada di Dinas Perhubungan. Pelatihan  cara merawat dan memperbaiki LPJU LED juga bagian dari garansi terhadap produk yang diberikan  selama 6 tahun. 

“Latihan seperti ini sudah rutin kami laksanakan di Karangasem. Tahun 2019 kami juga memberikan pelatihan yang sama.   Selama pelatihan, para teknisi diberikan pengetahuan mendetail soal lampu LED. Tujuannya agar  mereka  mengetahui cara penanganan jika terjadi masalah.  Selain memberikan garansi, kami juga memberikan suku cadang untuk mengantisipasi adanya kerusakan,” pungkasnya. (tio/bfn)

Exit mobile version