Terpleset, Turis Amerika Minggal Dunia di Gunung Agung

terpleset-turis-amerika-minggal-dunia-di-gunung-agung
Turis asal Amerika Serikat, Kebin Henderson, meninggal dunia setelah terjatuh di lereng Gunung Agung
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com— Kevin Henderson (51), seorang turis asal Amerika Serikat tewas di lereng Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, setelah terpeleset  dan jatuh ke jurang saat turun dari pendakian, Jumat (18/11/2022)

Informasi yang dihimpun, korban meninggal dunia saat akan dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas, BPBD, TNI, dan sejumlah guide lokal Besakih.

“Korban  melakukan pendakian ke Gunung Agung untuk merayakan ulang tahunnya. Saat mendaki dia ditemani guide local melalui Pura Pengubengan Besakih  sekitar pukul  22.30 Wita,” ungkap Ketut Winarta, Wakil Ketua Pos Tiket Pendakian Gunung Agung di Pura Pengubengan.

Winarta, mengatakan,  laporan turis Amerika itu jatuh  lereng Gunung Agung baru diketahuinya sekitar sekitar pukul 06.00. Menerima laporan itu, pihaknya langsung bergerah dengan mengerahkan  guide local Besakih untuk melakukan upaya evakuasi.

“Kami kirim tiga regu untuk  melakukan langkah evakuasi. Regu satu berjumlah sekitar empat orang naik pertama sekitar pukul 07.00 Wita. Setelah itu disusul  giliran dua regu lagi yang naik. Proses evakuasi juga melibatkan gabungan Basarnas, BPBD, TNI/Polri yang semuanya berjumlah 11 orang,” terangnya.

Winarta menambahkan, sebelum terjatuh jatuh ke jurang, pemandu telah mengintruksikan korban agar pelan-pelan jalan ke bawah. Tapi instruksi guide local itu tidak di indahkan, Sebaliknya  turis Amirika itu  terus berlari  hingga terpeleset sebelum akhirnya masuk jurang..

“Saat akan di evakuasi, korban sempat bisa diajak berkomunikasi, setelah itu tak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia,” pungkasnya. (tio/bfn)