WNA Meninggal di Jalur Pendakian, Desa Besakih akan Gelar Upacara Pangerapuh

wna-meninggal-di-jalur-pendakian-desa-besakih-akan-gelar-upacara-pangerapuh
WNA yang meninggal saat di evakuasi di jalur pendakian Gunung Agung
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Pasca meninggalnya WNA atas nama Kelvin Len Henderson asal Amerika saat melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Agung, beberapa hari lalu, Desa Adat Besakih akan melaksanakan upacara pembersihan (pangerapuh) dilokasi kejadian bule tersebut terjatuh.

Menurut Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, Gusti Mangku Jana saat dihubungi awak media menyampaikan, upacara pengerapuh dilaksanakan Senin(21/11/2022).  “Setelah menghaturkan banten (sarana upacara) prayascita dan banten pangerapuh selanjutnya mengambil tanah di lokasi kejadian, kemudian dibuang ke sungai agar di jalur pendakian itu tidak lagi cuntaka,” terang Gusti Mangku Jana. seraya menambahkan setelah upacara pembersihan di lokasi kejadian, akan segera dilaksanakan upacara penyucian yang dipusatkan di Pura Pengubengan Besakih.

Baca Juga : Terpleset, Turis Amerika Minggal Dunia di Gunung Agung

“Tinggal menentukan hari baik untuk melaksanakan upacara tersebut dan kita masih memohon petunjuk Ida Wiku,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kelvin Len Henderson melakukan pendakian ke Gunung Agung melalui Jalur Pengubengan, Desa Besakih, pada Kamis 17 November 2022, sekitar pukul 22.00 wita. Naas dialami Kevin, ia terpeleset dan terjatuh di ketinggian 10 meter, dengan kondisi mengalami luka cukup parah,  cedera di bagian kepala, kaki dan pinggang dan meninggal dunia. (ger/bfn)

Baca Juga : Jebol Jalur Pendakian, Dua WNA Inggris Tersesat di Lereng Gunung Agung