Wujud Komitmen Kuat, MPP Resmi Dilaunching Dorong Investasi di Buleleng

wujud-komitmen-kuat-mpp-resmi-dilaunching-dorong-investasi-di-buleleng
Tempat perijinan terintegrasi dalam wadah Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Buleleng yang diinisiasi oleh 18 instansi vertikal dan horizontal dengan jumlah 152 jenis layanan perijinan hari ini dilaunching Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya didampingi Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, pada Jumat (8/12/2023).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Tempat perijinan terintegrasi dalam wadah Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Buleleng yang diinisiasi oleh 18 instansi vertikal dan horizontal dengan jumlah 152 jenis layanan perijinan hari ini dilaunching Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya didampingi Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, pada Jumat (8/12/2023).

MPP pertama di Indonesia yang mengambil lokus area pasar yang terletak di lantai III Pasar Banyuasri itu adalah bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam memberikan pelayanan perijinan terintegrasi secara cepat, mudah dan efisien.

Pj. Lihadnyana menyampaikan bahwasannya MPP ini adalah bagian dari reformasi birokrasi berdampak pada 3 generasi, diantaranya adalah pelayanan satu pintu, pelayanan satu atap dan manakala masyarakat menginginkan pelayanan perijinan yang cepat dan satu tempat maka ditingkatkanlah dengan keberadaan MPP ini. “Ini sesuai dengan instruksi presiden, bahwasannya pemerintah itu pada hakekatnya bisa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan pelayanan publik,” tegasnya.

Birokrat asal Desa Kekeran ini menekankan agar di MPP ini tidak sekedar hadir begitu saja, melainkan harus menyiapkan pelayanan yang humanis dan prima sehingga masyarakat mau berkunjung menikmati pelayanan publik ini. Tentu dengan harapan nantinya akan menggerakkan perekonomian di daerah.

Disisi lain PJ Gubernur Sang Made Mahendra Jaya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan dibangunnya MPP yang lokasinya sangat strategis berada di area pasar. “Ini bagus sekali, saya sangat mengapresiasi. Seperti yang bapak PJ Bupati katakan, ini satu-satunya MPP yang berada pada area pasar. Banyak daerah yang belum memiliki MPP, tentu dibutuhkan komitmen yang kuat untuk mewujudkan ini,” ujarnya.

Disadari olehnya, sangat penting merubah stigma negatif dimasyarakat bahwasannya pelayanan publik itu sangat berbelit-belit, untuk itu dengan hadirnya MPP ini dapat meningkatkan standar dan kualitas pelayanan publik yang berkualitas, efisien, cepat dan terjangkau. Sehingga kehadiran MPP ini sebagai penanda bagi transformasi layanan di Kabupaten Buleleng. “Artinya kehadiran MPP ini harus dapat menjamin sebagai layanan yang lebih efisien, cepat dan terjangkau. Sehingga dapat mendorong dan meningkatkan investasi di Kabupaten Buleleng serta mendukung proses percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang secara otomatis dapat memberikan mutu pelayanan diberbagai aspek,” pungkasnya. (tya/bfn)