148 Panwaslu Kelurahan/Desa di Buleleng Terlantik, Siap Kawal Pilkada 2024

148-panwaslu-kelurahan-desa-di-buleleng-terlantik-siap-kawal-pilkada-2024
Sebanyak 148 Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Buleleng terlantik di Banyualit Spa’n Resort, pada Sabtu (1/6/2024).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Sebanyak 148 Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Buleleng terlantik di Banyualit Spa’n Resort, pada Sabtu (1/6/2024). Pelantikan dan pengambilan sumpah diambil langsung oleh perwakilan Ketua Panwaslu Kecamatan disaksikan oleh Badan Kesbangpol, KPU Buleleng, serta Camat se-Kabupaten Buleleng.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng I Kadek Carna Wirata dalam sambutannya mengatakan terlantiknya Panwaslu Kelurahan/Desa ini merupakan momen bertepatan dengan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh 1 Juni 2024. “Ini merupakan momentum yang baik, karena saat ini Bawaslu telah memiliki jajaran hingga ke Tingkat Kelurahan/Desa, putra-putri terbaik yang terpilih di setiap Kelurahan/Desa untuk bersama-sama kami (Bawaslu) mengawal penyelenggaraan tahapan Pilkada 2024 ini agar berjalan sesuai dengan regulasi (aturan) yang berlaku,” ungkap Carna.

Ditambahkan olehnya, Panwaslu Kelurahan/Desa yang telah diambil sumpahnya, agar selalu menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas sesuai kewenangannya. “Sebagai pengawas Pemilu, hendaknya jaga Integritas dan Netralitas, sebab hal itu merupakan harga mati, beban yang ada di Pundak Bapak/Ibu tidaklah ringan, sebab kita akan mengawasi 2 Pemilihan yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali,” imbuhnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh jajarannya agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi ketika menemukan persoalan di wilayahnya agar dapat ditangani dengan cepat.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali Ida Bagus Putu Adinatha yang turut hadir dalam pelantikan tersebut. Dalam sambutannya, hari ini merupakan momen yang bersejarah baginya. “Bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila, yang merupakan dasar negara Indonesia sebagai pemersatu bangsa yakni Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Harapannya, dengan terlantiknya Panwaslu di masing-masing Kelurahan/Desa, dapat memaksimalkan kerja-kerja pengawasan. Setelah dilakukan pelantikan, dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan dengan menghadirkan narasumber eksternal dan internal. (tya/bfn)