27 Pengawas Kecamatan Siap Awasi Pemilihan Serentak 2024

27-pengawas-kecamatan-siap-awasi-pemilihan-serentak-2024
Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng, I Kadek Carna Wirata secara resmi melantik 27 Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di The Grand Villandra Resort, Desa Tukadmungga, Buleleng hari Sabtu (25/6/2024).

BULELENG, Balifactualnews.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng, I Kadek Carna Wirata secara resmi melantik 27 Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di The Grand Villandra Resort, Desa Tukadmungga, Buleleng hari Sabtu (25/6/2024). Pelantikan dan sekaligus pembekalan tersebut dihadiri langsung Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Gede Sutrawan.

Dalam sambutannya Carna Wirata mengungkapkan Tahapan Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 telah berjalan, maka Panwascam yang dilantik akan langsung bekerja. “Panwascam harus segera bekerja, persiapkan diri sebaik-baiknya. Karena Pemilihan kepala daerah memiliki tensi yang lebih tinggi. Lalukan tugas dengan baik sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia berharap para Panwascam untuk segera membangun kordinasi dan komunikasi dengan stakeholder terkait di kecamatan. “Setelah hari ini langsung kordinasi, bangun komunikasi yang aktif dengan stakeholder. Karena pasca dilantik Panwascam sudah harus bertugas melakukan rekrutmen Pengawas Kelurahan Desa dan Pengawasan Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih,” tegasnya.

Dari 27 Panwascam yang telah diambil sumpah dan janjinya, sebanyak 25 orang merupakan panwascam yang telah bertugas dalam Pemilu 2024. Sisanya 2 orang pendatang baru. Yakni satu di Kecamatan Buleleng dan satu Kecamatan Kubutambahan.

Sementara Gede Sutrawan Pengampu Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bali mengungkapkan dalam paparannya agar panwascam tetap meningkatkan kapasitas diri karena aturan dan ketentuannya yang berbeda antara Pemilu dan Pemilihan. “Aturannya Pemilu berbeda dengan pilkada, bagaimana kita bisa mewujudkan harapan reformasi yakni dengan bekerja sesuai ketentuan. Maka wajib panwascam memahami peraturan yang ada,” ujar pria asli Desa Busungbiu tersebut.

Diakhir dirinya berpesan agar jajaran Panwascam untuk selalu menjaga etika dalam pengawasan Pemilihan 2024. “Kita berharap nanti panwascam selalu ingat menjaga etik dan netralitas selaku pengawas,” tutup Sutrawan.

Selain dihadiri Bawaslu Bali pelantikan juga disaksikan seluruh Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng. Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Perwakilan Camat Se-Kabupaten Buleleng. Selepas Pelantikan, Panwascam diberikan pembekalan dengan menghadirkan narasumber dari Akademisi Universitas Panji Sakti, Nyoman Gede Remaja. (tya/bfn)

Exit mobile version