Bakti Sosial Hakli dan Pegadaian Klungkung Penanaman Bibit Mangrove di Desa Jungutbatu Nusa Penida

bakti-sosial-hakli-dan-pegadaian-klungkung-penanaman-bibit-mangrove-di-desa-jungutbatu-nusa-penida
Bakti Sosial Hakli dan Pegadaian Klungkung Penanaman Bibit Mangrove di Desa Jungutbatu Nusa Penida, Sabtu(1/7)
banner 120x600

SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dimana tahun ini mengusung tema “Restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan”, HAKLI Cabang Klungkung menggelar bakti sosial penanaman bibit mangrove di Desa Jungutbatu, Nusa Penida, Sabtu(1/7).

Acara yang disponsori oleh Pegadaian ini mendapat sambutan hangat dari kepala desa setempat dalam kesempatan ini doiwakili oleh Kelihan Dusun , serta berbagai pihak terkait juga ikut hadir termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHP), Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang P2P, Deputi Bisnis Pegadaian, Kepala Cabang Pegadaian, Kepala UPT Puskesmas NP 2, dan anggota HAKLI, total 42 orang. Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup lokal.”

Bibit mangrove ditanam Bersama di tempat yang sudah ditentukan oleh aparat desa sebelumnya, penanaman bibit ,mangrove ini berlangsung 2 (dua ) jam dari pukul 09.00 wita s/d 11.00 wita yang diawali persembahyangan Bersama. Acara selanjutnya dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Desa yang diwakili oleh Kepala Dusun Desa Jungutbatu.

“..Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, mari kita tanamkan pohon mangrove sebagai komitmen kita untuk melestarikan alam kita. Dengan setiap tanaman yang kita tanam, kita menanam harapan untuk masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang’ ucap Ketua HAKLI Cab Klungkung I Wayan Karyana,SKM.

Dan juga apa yang disampaikan oleh Kabit.P2P yang mewakili Kadiskes Klungkung  I Ketut Ardana, SKM.MSi “ Mangrove bukan sekadar tumbuhan pantai, melainkan penjaga lingkungan kita. Mereka tidak hanya memberikan habitat bagi berbagai spesies laut, tetapi juga melindungi garis pantai dari abrasi dan badai.

Begitu juga sambutan Kepala Dinas DLHP I Nyoman Sidang, SKM.M.Kes ‘ Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni sebagai momentum dalam  meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. (Roni/bfn)