Bali Open 2024 Arena Unjuk Kemampuan 80 Persen Pebiliar PON

bali-open-2024-arena-unjuk-kemampuan-80-persen-pebiliar-pon
Ket Foto : Salah seorang penyelenggara Bali Open 2024, Edward Sandjaja. Foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Kejuaraan Biliar level nasional bertitel Nine Ball Bali Open Handicap yang bakal dilangsungkan di Rumah Biliar Renon Billiard Centre (RBC) and Café pada 29 Mei 2024 – 6 Juni 2024, akan diikuti sekitar 80 % pebiliar PON dari provinsi yang ada di Indonesia. Bali sendiri menurunkan 5 atlet PON Bali putra dan putri yang akan turun di PON XXI/2024 pada September 2024 mendatang di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Diakui salah seorang penggelar kejuaraan biliar berhadiah total Rp 309 juta tersebut, Edward Sandjaja, kejuaraan tersebut dibagi dua kategori yakni untuk putri lebih dulu dipertandingkan mulai 29 – 31 Mei 2024 dengan hadiah total Rp. 55 juta, sedangkan untuk putra dipertandingkan 1-6 Juni 2024 dengan hadiah total Rp. 254 juta.

“Ya, sekitar 80 % atlet biliar PON dari provinsi lainnya di Indonesia termasuk Bali akan berkompetisi positif dari sisi kualitas dan kemampuan di even ini. Pebiliar itu diantaranya dari Jawa Barat (Jabar) yang menurunkan atlet PON terbanyak, tuan rumah Sumatera Utara (Sumut), Jawa Tengah, DI. Yogyakarta, provinsi di kepulaun Kalimantan serta provinsi lainnya,” kata Edward Sandjaja di RBC Denpasar, Senin (27/5/2024).

Para pebiliar PON di seluruh Indonesia tersebut dijelaskan Edward Sandjaja memang merupakan pebiliar-pebiliar nasional baik putra dan putri termasuk para pebiliar muda luar Bali yang prestasinya sedang menanjak.

“Tepat dan bagus even ini karena bisa dijadikan ajang pemanasan atau uji coba bagi para pebiliar yang nantinya turun di PON 2024. Artinya persaingan kualitas teknik dan performa pebiliar PON akan diuji lebih dulu disana,” tambah Edward.

Di lain pihak Ketua Umum KONI Bali, IGN. Oka Darmawan berpesan kepada lima atlet biliar PON putra dan putri yakni Irwan Limardi, Kadek Sugiarta Edy Wirawan, Septiyana dan Desak Kasih Ariati agar berjuang maksimal.

“Kian banyak bertanding akan kian bagus. Saya berharap kepada kelima atlet Biliar PON Bali bisa memanfaatkan ajang uji coba itu sebaik-baiknya dan bisa dijadikan bahan koreksi dan evaluasi guna meningkatkan terus kemampuanya. Tak terkecuali juga memberikan hasil terbaik di even tersebut,” tutup Oka Darmawan. (ena/bfn)