Bawaslu Perketat Pengawasan Verfak Calon Independen

bawaslu-perketat-pengawasan-verfak-calon-independen
Diana Devi, Divisi Hukum dan Pengawasan Bawaslu Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem telah selesai melakukan verifikasi administrasi (vermin) terhadap bakal calon independen atau perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem dalam Pilkada, November 2024 mendatang. 

Seiring selesainya tahapan vermin tersebut, Bawaslu Karangasem siap untuk melakukan pengawasan proses verifikasi faktual (verfak) yang akan dimulai, Jumat (21/6/ 2024) mendatang. Bahkan pengawasan  lebih diperketat ketimbang saat proses verifikasi administrasi beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Karangasem, I Nengah Putu Suardika melalui Divisi Hukum Penyelesaian Sengketa , Diana Devi, Rabu (19/6/2024), mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pengawasan proses vermin dokumen syarat dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem  yang maju melalui jalur independen tersebut.

“Kami akan siapkan pola dan strategi dalam pengawasan proses verfak nanti. Ini kami lakukan untuk menghindari terjadinya pelanggaran,” ucap Diana Devi. 

Dijelaskan, sebelum melakukan pengawasan verfak, pihaknya akan mengumpulkan jajaran Panwascam dan PKD untuk membahas poin-poin penting dalam pengawasan nanti. 

“Kami segera akan menggelar rapat untuk penyusunan strategi pengawasan. Ini kami lakukan  untuk mencegah munculnya pelanggaran administrasi saat verfak berlangsung,” tandas Diana Devi. (tio/bfn)