Bupati Dana Buka Pelatihan Relawan Damkar

bupati-dana-buka-pelatihan-relawan-damkar
Foto: Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Kadis Damkartan, Made Agus Budiyasa menyematkan PIN Kepada relawan Damkar yang mengikuti pelatihan dan pembinaan.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Bupati Karangasem I Gede Dana secara resmi membuka pelatihan dan pembinaan bagi Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kabupaten Karangasem. Acara ini berlangsung di Tribun Stadion I Gusti Ketut Jelantik,Kamis (23/11).

Pembinaan dan pelatihan ini diikuti 80 peserta dari 8 desa di 8 kecamatan. Pelatihan dan pembinaan ini merujuk SK Bupati Nomor 749/HK/2023.

“Pelatihan dan pembinaan relawan Damkar dilakukan lakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ucap Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Karangasem, I Made Agus Budiyasa saat membacakan laporan terkait kegiatan yang digelarnya itu.

Sementara itu, Bupati Gede Dana, berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut secara berkala sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1-306 Tahun 2020.

Pelatihan dan pembinaan relawan Damkar ini sangat membantu tugas Dinas Damkar, terutama dalam memberikan informasi lokasi dan arahan saat terjadi kebakaran.

“Meskipun baru dapat memberikan pelatihan untuk 80 orang dari 135 orang yang telah diangkat berdasarkan SK, hendaknya pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat diaplikasikan secara berkelanjutan. Semua peserta yang terlibat harus selalu memiliki prinsip kerja Redkar, yakni, cepat, tepat, partisipatif, dan koordinatif,” kata Bupati, seraya memberi apresiasi, bahwa pelatihan dan pembinaan relawan Damkar merupakan langkah positif dalam menciptakan sumber daya aparatur yang profesional, sehingga bisa membawa Kabupaten Karangasem ke arah yang lebih baik. (tio/bfn)