Coki Karateka Matang tak Perlu Dikhawatirkan Cedera

coki-karateka-matang-tak-perlu-dikhawatirkan-cedera
Ket Foto : Ketua Harian Pengprov FORKI Bali, Ardy Ganggas, Foto : bfn/ena
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Tak ada kekhawatiran bagi Pengprov FORKI Bali dengan karateka putri andalannya Cokorda Istri Agung Sanistyarani atau yang akrab disapa Coki mengalami cedera jika megikuti kejuaraan baik level nasional maupun internasional, jelang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), September mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Pengprov FORKI Bali, Ardy Ganggas. Jika orang mengkhawatirkan atletnya cedera menjelang gelaran PON dengan mengikuti kejuaraan, justeru pria yang juga pengurus KONI Bali itu terbalik.

“Kalau saya sih justeru tidak demikian. Pasalnya kalau atlet andalan kita cedera itu resiko dan umumnya cedera kecil. Tapi kalau sampai fatal seperti cedera otot atau patah tulang ya tidaklah,” tutur Ardy Ganggas di Denpasar, Senin (12/2/2024).

Diakuinya, justeru atlet seperti Coki tetap harus try out atau mengikuti kejuaraan baik level nasional maupun internasional meski jelang turun di PON 2024. Pasalnya Coki merupakan karateka yang sudah benar-benar siap bertanding dimanapun. Siap secara fisik, kebugaran tubuh maupun tekniknya.

“Malah dengan Coki ikut terus bertanding di kejuaraan maka resiko cederanya kian kecil meski kena badan dan benturan. Jadi saya rasa unik jika ada kekhawatiran atlet andalannya tidak boleh turun di kejuaraan jelang PON 2024. Memang ada batas toleransinya seperti sebulan sebelum PON masa tidak turun di kejuaraan. Tapi kalau masih bisa kenapa tidak,” terangnya.

Apabila ada orang selalu berpikir atletnya tidak boleh turun di kejuaraan jelang PON 2024 akibat takut cedera bagi Ardy Ganggas mungkin atletnya belum dipersiapkan secara matang. “Kalau atletnya siap tidak masalah. Saya percaya dengan keilmuan yakni resiko cedera itu snagat kecil kalau atlet iu dipersiapkan dengan baik,” sebut Ardy Ganggas.

Coki sendiri versinya, g memang sudah lama menghuni Pelatnas dan sudah melanglang buana mengikuti kejuaraan level nasional sampai internasional jadi hanya tinggal mengikuti saat program latihan khusus saja nantinya di Bali menghadapi PON 2024

“Coki memang masih menjadi andalan dengan target meraih medali emas di PON 2024 seperti medali emas yang diraihnya di PON XX/2021 di Papua silam. Target 3 emas salah satunya Coki sedangkan untuk dua emas lagi tidak bisa kami sebutkan di kelas apa atau siapa. Trend satu emas di medali diputra dan kumite beregu. Siapa orangnya sudah kami siapkan,” tutupnya. (ena/bfn)