DLH Karangasem Pangkas Pohon Perindang di Jalan Protokol

dlh-karangasem-pangkas-pohon-perindang-di-jalan-protokol
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem saat melakukan pemangkasan pohon perindang di jalan protokol Kota Amlapura
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual News-Hujan yang terus mengguyur wilayah Karangasem, membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan langkah antisipatif dengan memangkas pohon perindang di ruas jalan protokol. 

Pemangkasan pohon perindang difokuskan di jalur Kota Amlapura hingga perbatasan Yeh Malet,  karena pohon di jalur tersebut mulai tinggi dan membahayakan pengguna jalan ( pengendara ) 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karangasem, I Nyoman Tari,  dikonfirmasi, Rabu (31/1/2024) mengatakan, pemangkasan pohon perindang sudah dilakukan sejak Senin (29/1/2024) dan berlanjut hingga satu pekan kedepan. 

“Pemangkasan kami awali dengan mengecek situasi yang ada di lapangan. Pohon perindang yang dianggap membahayakan langsung kami pangkas,”terang mantan Kepala BKPSDM Karangasem itu. 

Menurut Tari,  kendati sudah menyiagakan ratusan petugas (termasuk petugas kebersihan) dalam melakukan pemangkasan itu, namun   minimnya armada (hanya memiliki kendaraan crane) yang dimiliki DLH Karangasem, membuat pihaknya cukup kewalahan melakukan pemangkasan pohon perindang di sepanjang jalan protokol tersebut.  Selain itu pemangkasan dilakukan setiap hari dan banyaknya permintaan masyarakat juga menjadi penyebabnya. 

“Tahun ini kami sudah anggarkan untuk pengadaan satu mobil truk crane. Mudahan dalam waktu dekat armada itu sudah ada, sehingga  pelayanan kami bisa lebih maksimal,” pungkas Tari. (tio/bfn)