Dorong Pengembangan UMKM, Sektor Pertanian dan Peternakan, Bank BPD Bali Cabang Karangasem Buka Kantor Pelayanan Kas di Besakih

dorong-pengembangan-umkm-sektor-pertanian-dan-peternakan-bank-bpd-bali-cabang-karangasem-buka-kantor-pelayanan-kas-di-besakih
Foto: Direktur Bank BPD Bali I Nyoman Sudarma meresmikan Kantor Pelayanan Kas di areal fasilitas kawasan suci Besakih, Senin (27/11/2023).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM dan sektor lainnya seperti sektor pertanian dan peternakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Bank BPD Bali Cabang Karangasem membuka Kantor Pelayanan Kas (KPK) di Besakih, dan sudah diresmikan Direktur Bank BPD Bali, I Nyoman Sudarma, Senin (27/11).

Peresmian kantor pelayanan tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang didampingi Kepala Badan Pengelola Kawasan Suci Besakih, I Gusti Lanang Muliarta, Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, dan Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa.

Baca Juga : Bupati Gede Dana Buka Sosialisasi Pengentasan Kemiskinan Kultural

“Kantor Pelayanan Kas ini di buka atas kerjasama dengan Badan Pengelola Kawasan Suci Besakih. Tujuannya untuk mendorong pengembangan UMKM dan sektor lainnya seperti sektor pertanian dan peternakan. Untuk itu kami berharap, pelaku UMKM yang ada di Besakih bisa berkolaborasi dengan pihak Badan Pengelola dalam rangka mendukung pariwisata budaya dengan sebaik-baiknya yang diakui dapat meningkatkan kapasita bisnis Bank BPD Bali,” ucap Nyoman Sudarma.

lanjut Sudarma, sampai bulan Oktober, pembiayaan Bank BPD Bali untuk UMKM sudah mencapai 48 persen dari total kredit yang ada. Wilayah Besakih dan sekitarnya kata dia, merupakan sentra pertanian dan peternakan. Sektor itu akan terus digarap melalui KUR.

“Tahun ini plafon KUR kami pasang mencapai Rp 1,728 triliun lebih dan hingga minggu kemarin sudah terealisasi hampir 97 persen,” jelas Sudarma, seraya berharap kunjungan wisatawan ke Besakih terus mengalami peningkatan sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat.

Baca Juga : Rekrutmen PPPK Karangasem, Dua Analis Kesehatan Berpotensi Tumbang

Saat ini kerjasama yang sudah dilakukan dengan Badan Pengelola Besakih, baru sebatas penggajian karyawan, pecalang dan petugas kebersihan. Sistem penggajian yang dilakukan sudah seratus persen melalui Bank BPD Bali dengan teknologi yang juga dimiliki Bank BPD Bali.

“Kerjasama terkait gaji karyawan, pecalang dan petugas kebersihan sudah seratus persen melalui Bank BPD Bali,” sambung Kepala Badan Pengelola Kawasan Suci Besakih I Gusti Lanang Muliarta.
Badan Pengelola Besakih, lanjut Muliarta, mempunya tiga tujuan utama, yakni yakni aman, nyaman, dan pelayanan. Khusus untuk pelayanan salah satunya dengan melakukan transaksi yang sebelumnya secara manual, sekarang lebih dikedepankan menggunakan teknologi.

“Untuk pengelolaan parkir masih kami diskusikan. Yang pasti sistem yang ada memang milik pihak ketiga, tapi uang yang ada tetap masuk ke Bank BPD Bali,” ungkap Lanang Muliarta, sekaligus sangat mengapresiasi gerak cepat Bank BPD Bali dalam membuka Kantor Pelayanan Kas di Besakih.

Sementara itu, Kepala Kantor Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, mengatakan, keberadaan Kantor Pelayanan Kas di Besakih merupakan kepanjangan tangan dari Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Cabang Pembantu Menanga, yang sudah banyak membantu pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Rendang.

“Kami berharap dengan semakin dekatnya kantor pelayanan kas yang ada akan semakin mempermudah .
nasabah dalam rangka mengakses permodalan atau layanan yang ada di Bank BPD Bali,” tandasnya. ( tio/bfn).