DPC PDIP Karangasem Usulkan 4 Nama Calon Ketua DPRD

dpc-pdip-karangasem-usulkan-4-nama-calon-ketua-dprd
I Gede Dana, Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com, DPC PDI Perjuangan Karangasem menggelar rapat internal terkait penjaringan nama kader yang diusulkan untuk menempati posisi Ketua DPRD Karangasem periode 2024-2029.

Rapat berlangsung  Kamis (27/6/2024) dipimpin langsung Ketua DPC I Gede Dana dan dihadiri 11 pengurus partai. Ada kesan rapat di geler mendadak dan berlangsung super kilat. 

Informasi yang dihimpun di internal pengurus DPC PDI Perjuangan Karangasem, menyebutkan,  dalam rapat tersebut, awalnya muncul tiga nama kandidat yang diusulkan untuk menduduki kursi Ketua DPRD Karangasem. Ketiga nama itu, yakni, I Wayan Sudira, I Made Ruspita dan I Wayan Suastika.  Nama Sudira dan Ruspita muncul karena keduanya merupakan duduk sebagai bendahara dan sekretaris partai. Sedangkan nama Suastika diusulkan oleh I Kadek Wirta. Karena yang bersangkutan merupakan Ketua DPRD Karangasem yang masih aktif. 

Munculnya nama Suastika yang notabene sebagai Ketua PAC Kecamatan Selat, membuat  I Wayan Sumatra (juga sebagai anggota DPRD Karangasem terpilih) “ berontak”. Dia langsung mengajukan dirinya untuk ikut dalam bursa penjaringan Ketua DPRD Karangasem tersebut, dengan dalih dia sebagai pengurus DPC. 

Menyikapi  hal itu, Kadek Wirta lantas menyela. Demi ademnya rapat tersebut dia mengajukan satu nama lagi dalam bursa penjaringan Ketua DPRD Karangasem. Nama kedua yang diajukan Wirta tak lain I Wayan Sunarta, Ketua PAC Kecamatan Manggis yang masih  aktif dan terpilih kembali menjadi anggota DPRD Karangasem. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem, I Gede Dana, dikonfirmasi, Jumat (27/6/2024), mengakui telah melakukan rapat terkait penjaringan calon Ketua DPRD Karangasem untuk diusulkan ke DPRD.  Dia mengatakan, dari 5 calon yang diusulkan, empat diantaranya dinyatakan lolos dan dokumen (formulir usulan yang diisi) langsung  dikirim ke DPD PDI Perjuangan  Bali untuk diteruskan ke DPP. 

Keempat nama yang dinyatakan lolos itu, yakni I Wayan Sudira, I Made Rispita, I Wayan Suastika, dan I Wayan Sumatra. Sementara nama I Wayan Sunarta dinyatakan tidak lolos, karena yang bersangkutan tidak mengisi formulir.

“Kami hanya mengirimkan 4 orang nama  yang diusulkan dalam rapat penjaringan Ketua DPRD. Satu nama tidak kami usulkan karena yang bersangkutan tidak mengisi formulir sebagai persyaratan untuk diajukan ke DPD,” pungkas Gede Dana. (tio/bfn)