Duet DANA-DIPA, Segera Hadirkan Investasi Puluhan Triliun di Karangasem

SEARAH JARUM JAMBupati Karangasem I Gede Dana saat mendengarkan paparan dari Presiden Direktur PT OIP, Indra Moelyana terkait investasinya yang akan dibangun di Karangasem, dan Wajkil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa bersama Sekda I Ketut Sedana Merta dan jajaran OPD saat menghadiri Hut ke-2 PT OIP  di Hardcoff Bali, Jalan Raya Puputan Renon, Sabtu (5/3/2022)

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Pelan namun pasti. Duet pemimpin Karangasem, Bupati I Gede Dana bersama Wabup I Wayan Artha Dipa terus membuat terobosan dalam upaya mengurangi angka pengangguran di wilayahnya.

Upaya menghadirkan investor sebanyak-banyaknya untuk berinvestasi di  kabupaten ujung timur Bali itu, merupakan bagian dari keseriusan Bupati Gede Dana dalam menekan angka pengangguran  yang sampai saat ini terus membengkak. Gayung bersambut, sejak peluang investasi  dibuka, beberapa investor  mulai melirik Karangasem untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata.

PT Oriental Indrakila Persada (OIP) misalnya. Dari beberapa kali pertemuan yang dilakukan,  Bupati Gede Dana tampaknya sangat tertarik dengan investasi yang di tawarkan PT OIP   itu.  Menurut Bupati, investasi puluhan triliun itu akan mampu menyedot tenaga kerja lokal lebih dari 3000 orang.

“Beberapa kali pertemuan sudah kami lakukan dengan PT OIP, tampaknya investasi besar ini segera hadir di Karangasem. Informasinya kerjasama investor dengan pihak Tokyo, Jepang, sudah ada kesepakatan dan sudah ditandatangani,” ucap Gede Dana, belum lama ini.

Baik Bupati Gede Dana mapun Wabup I Wayan Artha Dipa, manyambut baik keinginan PT OIP untuk membangun investasi di wilayahnya.  Bahkan Wakil Bupati Wayan Artha Dipa saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-2 PT OIP di Hardcoff Bali, Jalan Raya Puputan Renon, Sabtu (5/3/2022), dengan tegas menyatakan, bahwa Karangasem membuka kran seluas-luasnya bagi investor untuk berinvestasi. Kendati demikian, investasi yang dibuka itu, investor harus tunduk dengan dengan aturan yang ada.

“Pilihan investor untuk berinvestasi bertujuan untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat. Kami sangat berterimakasih atas keinginan baik PT OIP dalam mengembakan usahanya  di Karangasem,” ucap Artha Dipa.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT OIP, Indra Moelyono, mengatakan, mega proyek  yang akan dibangun di Karangasem, tempatnya sangat eksotis dan akan menjadi salah satu ikon andalan destinasi wisata di Bali, terbesar di Asia.

“Proses MoU terkait kerjasama kesepahaman  dengan pihak Tokyo, Jepang, sudah kami tandatangangi. Rencananya groundbreaking (peletakan batu pertamanya) akan dilakukan April 2022,” terang Indra Moelyono.

Dijelaskan, tahap awal pembangunan dimulai dengan mempersiapakan pembangunan resort dan hotel bintang lima, lahan parkir untuk 4.400 kendaraan, dan 100 bus.

“Pembangunan mega proyek ini memiliki luas ratusan hektar. Tahap awal akan dikerjakan pembanguan pendukung seperti  sport area hotel, lapangan  golf  dan sarana pendukung lainnya. Kami prediksi pembangunannya akan rampung akhir 2024,” terang Indra Moelyono didampingi Direktur Operasional OIP, Ida Bagus Oka Gunastawa, seraya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wabup I Wayan Artha Dipa atas dukungannya dalam mengembangkan investasinya itu.

“Kami yakini, investasi mega proyek di sector pariwisata ini akan  mampu menggerakkan roda perekonomian Karangasem dan Bali  pada umumnya,” pungkas Indra Moelyono.  (tio/bfn)

Exit mobile version