Elon Musk Resmi Luncurkan Starlink di Bali, Layanan Internet Satelit

elon-musk-resmi-luncurkan-starlink-di-bali-layanan-internet-satelit
Elon Musk manusia terkaya ketiga di dunia versi Forbes yang juga CEO SpaceX dan sekaligus Tesla Inc, secara resmi meluncurkan layanan internet satelit Starlink di Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod, di Jalan Laksamana VIII, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5).

DENPASAR, Balifactualnews.com – Elon Musk manusia terkaya ketiga di dunia versi Forbes yang juga CEO SpaceX dan sekaligus Tesla Inc, secara resmi meluncurkan layanan internet satelit Starlink di Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod, di Jalan Laksamana VIII, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5).

Starlink sendiri merupakan layanan jaringan satelit orbital yang pengembangannya dimulai pada 2015. Starlink kini resmi hadir di Tanah Air untuk memberikan koneksi internet, terutama pada daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Mengenakan endek berwarna hijau, Elon Musk disambut langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam acara tersebut, Elon Musk melakukan tes kecepatan layanan internet Starlink bersama pekerja kesehatan.

Elon Musk mengatakan, Starlink dan manfaat yang dibawanya akan membantu konektivitas internet dengan baik ke tempat tempat kesulitan internet bahkan hingga ke pulau pulau terpencil. “Jika Anda dapat mengakses internet dengan baik, anda bisa belajar apa saja,” ujar Elon Musk.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) menyambut baik kedatangan Elon Musk di Bali dengan penuh harapan. Menurutnya, Starlink akan memberikan akses internet cepat bagi masyarakat di daerah terpencil.

“Daerah terpencil kami membutuhkan Starlink untuk memperluas layanan internet berkecepatan tinggi, terutama untuk membantu masalah di sektor kesehatan, pendidikan dan maritim,” demikian pemaparan Menteri LBP.

Luhut pada kesempatan tersebut juga menawarkan Elon Musk untuk membangun lanadasan peluncuran roketnya di Indonesia, tepatnya dilandasan di Biak, Papua.

“Saya juga menawarkan kepada dia landasan peluncuran di Biak, Papua. Di Biak, saya sampaikan ke dia sangat cocok sebagai landasan peluncuran karena berada di garis ekuator, bisa menghemat ongkos peluncuran. Peluncuran Starlink akan memberikan dampak positif bagi Indonesia,” paparnya.

 

Exit mobile version