Gempa Bumi 3,6  Magnitudo Guncang Karangasem

gempa-36-magnitudo-guncang-karangasem
IB Arimbawa, Kepala BPBD Kabupaten Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual  News – Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3, 6 mengguncang  wilayah Karangasem pagi ini, Rabu (17/1/2024) sekitar pukul 06.30 wita. Pusat gempa berada wilayah timur laut Kabupaten Karangasem. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,6 dengan episenter terletak pada koordinat 8,27° LS; 115,53° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km timur laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar turun atau Oblique Normal. 

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi terkait dengan dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi yang terjadi pagi  hari itu. 

“Berdasarkan laporan, gempa bumi dirasakan masyarakat berupa guncangan  terjadi di wilayah Karangasem II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini Tidak Berpotensi Tsunami,” jelas Arimbawa. (ger/bfn)