Harga Tiket ke Pura Besakih Naik

harga-tiket-ke-pura-besakih-naik
Kawasan pura Besakih, Karangasem Bali
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Besakih berencana untuk menaikkan harga tiket bagi wisatawan ke Pura Besakih, 1 April mendatang. Perihal rencana untuk menaikkan harga tiket itu dibenarkan Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Pura Besakih, I Gusti Lanang Muliarta kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Ya, per 1 April 2024 kami akan menaikkan harga tiket kunjungan wisatawan ke Pura Besakih. Terkait kenaikan harga tiket ini kami sudah rilis dan informasikan ke travel agent,” jelasnya.

Harga tiket wisatawan yang berkunjung ke Pura Besakih, kata Muliarta, besarannya bervariasi. Tiket untuk wisatawan mancanegara (wisman) dinaikan dari Rp90 ribu menjadi Rp150 ribu. Sedangkan domestik dari Rp50 ribu menjadi Rp90 ribu.

“Besaran kenaikan tiket ini sudah melalui serangkaian kajian, salah satunya peningkatan kualitas layanan hingga kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Pura Besakih. Selain itu, badan pengelola juga memiliki event tamu (wisatawan) boleh sembahyang bagi yang berkenan,” terangnya.

Terkait tamu yang boleh sembahyang, kata Muliarta, Badan Pengelola sudah membuat regulasinya. Itu dilakukan agar semua terkontrol, Misalnya wajib menggunakan pakaian adat bali, dresta bali, harus dipimpin pemangku dan di pura penataran, serta tidak sedang menstruasi (datang bulan).

“Tahun lalu (2023), kunjungan wisatawan ke Kawasan Pura Agung Besakih rata – rata mencapai 700 hingga 1.000 orang per hari. Kunjungan didominasi wisatawan mancanegara. Kami berharap dengan adanya event ditambah kerjasama dengan ASITA, tahun ini kunjungan wisatawan bisa mengalami alami peningkatan. Tahun lalu sejak awal April hingga Desember pendapatan kami dari kunjungan wisatawan mencapai Rp14 milliar,”pungkasnya. (tio/bfn)