Kurir Narkoba Lintas Kabupaten Diringkus, 1 Tersangka Sempat Melarikan Diri ke Perbukitan

kurir-narkoba-lintas-kabupaten-diringkus-1-tersangka-sempat-melarikan-diri-ke-perbukitan
Press rilis penangkapan pelaku penyalahguna narokoba, yang dilaksanakan satresnarkoba Polres Karangasem yang dipimpin langsung Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta., S.I.K., S.H, Rabu(15/5).
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Kurir Narkoba lintas Kabupaten berhasil diringkus jajaran Satuan reserse (satres) Narkoba Polres Karangasem. Selain kurir narkoba itu satresnarkoba Polres karangasem juga berhasil menangkap 3 tersangka lainnya. Hal itu terungkap dalam press rilis yang dipimpin langsung Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta., S.I.K., S.H, Rabu(15/5).

Kapolres Sadiarta mengatakan, penangkapan 4 tersangka dilakukan pada medio Maret dan April 2024 dengan lokasi yang berbeda. “Penangkapan tersangka berawal dari penyelidikan tim opsnal Satuan Narkoba berdasarkan pemetaan jaringan. Semua tersangka di tangkap di wilayah hukum Kabupaten Karangasem. Salah satu tersangka sempat melarikan diri ke perbukitan namun akhirnya menyerahkan diri ke Polres Karangasem,” terang Sadiarta.

Keempat tersangka yang berhasil ditangkap yakni, yang pertama adalah KHF alias A merupakan seorang residivis, yang ditangkap pada 28 Maret 2024 di Pinggir Jalan Ahmad Yani Amlapura dengan barang bukti 2 paket narkotika jenis sabu dengan berat total bruto 0,58 gram dan netto 0,28 gram. KHF adalah seorang pemakai.

Tersangka kedua adalah IMS alias M juha seorang pemakai narkoba yang ditangkap pada 13 Maret 2024 di pinggir Jalan Raya Tulamben, Desa Kubu, Karangasem dengan barang bukti 1 paket narkotika jenis sabu dengan berat bruto 0,30 gram dan netto 0,13 gram.

Selanjutnya adalah IKD alias KS. Tersangka ini adalah pengeda. IKD alias KS ditangkap pada 17 April 2024 di Banjar Dinas Cucut, Desa Ban, Kubu, Karangasem dengan barang bukti 17 paket narkotika jenis sabu dengan berat bruto 8,19 gram dan netto 1,75 gram.

Yang terakhir adalah MS alias S. Dan tersangka MS inilah merupakan seorang perantara atau kurir lintas Kabupaten yang berhasil ditangkap pada 13 Mei 2024 di Pinggir Jalan Untung Surapati Amlapura dengan barang bukti 7 paket narkotika dengan berat bruto 2,4 gram dan netto 1,29 gram.

“Dari ke empat tersangka total barang bukti yang disita totalnya berjumlah 28 paket dengan berat bruto 11,75 gram dan netto 3,6 gram. Tersangka dijerat dengan pasal yang berbeda ada yang dijerat dengan penjara seumur hidup,” terang Sadiarta.

Kapolres Sadiarta merinci, tersangka IKD alias KS dan MS alias S dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) sub Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Sedangkan tersangka KHF alias A dan IMS alias M dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) sub Pasal 127 ayat (1) huruf A Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun.

“Ini adalah keseriusan dan komitmen kami untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Karangasem. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba dengan menjaga lingkungan keluarga dan sekitarnya agar Kamtibmas di Kabupaten Karangasem tetap kondusif,” Pungkasnya. (ger/bfn)