Masa Tenang, APK Parpol Mulai Dibersihkan

masa-tenang-apk-parpol-mulai-dibersihkan
Foto: Petugas Satpol PP Karangasem menurutkan APK Parpol di masa tenang.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karangasem mulai membersihkan alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu, sejak Minggu (11/2).
Penertiban itu dilakukan karena tahapan Pemilu 2024 sudah memasuki masa tenang hingga, Selasa (13/2) besok.

Kasatpol PP Karangasem, Ketut Arta Sedana, mengatakan, hari pertama masa tenang pihaknya melakukan pembersihan APK Parpol di empat wilayah, yakni di Kecamatan Abang, Kubu, Selat, dan Rendang. Selanjutnya, untuk tanggal 12 pembersihan akan dilaksanakan di Kecamatan Bebandem dan Sidemen, serta di hari terakhir masa tenang pada 13 Februari pembersihan dilakukan di Kecamatan Karangasem Manggis.

“Kami pastikan hari terakhir masa tenang, semua APK Pemilu yang ada di semua wilayah kecamatan harus sudah bersih,” tegas Arta Sedana.

Dikatakan, proses pembersihan APK pihaknya melakukan pembagian tugas melibatkan puluhan personil sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Setiap kali turun, kami tugaskan lebih dari 20 personil. Pembersihan APK hari terakhir nanti kami kerahkan semua kekuatan yang ada. Sehingga hari terakhir masa tenang tidak lagi ada APK parpol yang terpampang,” jelasnya.
Terpisah, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Kadek Sukara, berharap seluruh Parpol para peserta pemilu agar ikut secara bersama-sama menurunkan atribut parpolnya. Merujuk UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, khususnya Pasal 298 ayat (4), dan PKPU 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilihan Umum, Parpol wajib menurunkan APK yang dipasang saat masa tenang.

“Kami berharap Parpol bisa menginstruksikan para caleg untuk dapat menurunkan APK yang dipasangnya secara mandiri. Saat sosialisasi kami juga sudah meminta kepada Parpol untuk membersihkan seluruh APK yang dipasang,” tandanya. (tio/bfn).