Mau ikut Tarung Pilkada Jalur Independen, ini Syaratnya

mau-ikut-tarung-pilkada-jalur-independen-ini-syaratnya
Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Calon perseorangan yang akan maju untuk ikut bertarung pada Pilkada Kabupaten Karangasem dijalur independen pada Nopember 2024 mendatang bisa mengajukan diri, namun dengan syarat yang sudah ditentukan.

Ketua KPU kabupaten Karangasem  I Putu Darma Budiasa mengatakan, sesuai dengan PKPU Tahun 2020 Tentang calon perseorangan kontestan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten, calon yang bersangkutan harus memenuhi syarat minimal 8,5 persen dari jumlah DPT Kabupaten Karangasem. dimana jumlah DPT terakhir adalah 388.854.

Baca Juga : Jelang Pilkada, KPU Karangasem Segera Rekrut PPK 

” Kalau kita kalikan 8,5 persen dengan jumlah DPT terakhir yakni 388.854 ketemu angka 33.050 KTP,  jadi yang mesti dikumpulkan sebagai syarat perseorangan mengikuti pemilihan Bupati khususnya di Kabupaten Karangasem minimal memiliki dukungan sebesar itu.” ujar Budiasa, Jumat(3/5).

Baca Juga : KPU Karangasem Mulai Rekrut PPS

Penyebaran dukungan sebanyak 33.053 KTP tersebut, minimal tersebar di 5 +1 di setiap kecamatan di kabupaten karangasem. “Artinya perlu mendapat dukungan minimal di 5 kecamatan dari 8 kecamatan yang ada di Karangasem,” lanjut Budiasa.

Disebutkannya juga, calon perseorangan yang akan maju tarung Pilkada tidak mesti ber KTP Karangasem.
” Bisa juga ber KTP luar Karangasem asal mendapat dukungan sesuai ketentuan. Tetapi pendukungnya tentu harus berKTP Karangasem” imbuhnya, seraya menambahkan begitu juga terhadap calon wakil Bupatinya, yang merupakan satu paket.

Baca Juga : Terjaring OTT Bendesa Adat Berawa yang Diduga Peras Investor 10 Miliar

“Dalam menyerahkan dokumen dukungan terhadap calon independen itu, tidak boleh mencicil. Artinya jumlah dokumen dukungan harus diserahkan sekalian sepenuhnya, sebanyak yang sudah ditentukan. Dukungan dokumen dimaksud selain KTP juga ada formulir yang sudah ditandatangi oleh pemilik KTP bersangkutan,” tambah Budiasa.

Setelah dokumen dukungan sepenuhnya secara komplit diserahkan ke KPU, maka pihak KPU selanjutnya akan melakukan Verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terhadap dokumen dukungan calon independen tersebut. (ger/bfn)