Ombak Besar di Pantai Kusamba, Penyebangan Ditutup

ombak-besar-di-pantai-kusamba-penyebangan-ditutup
Aktifitas bongkar muat barang yang terhambat di Pennyebrangan Kusamba, Selasa (28/5/2024)
banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Akibat besarnya ombak pantai di Kusamba, Klungkung, Bali, penyebrangan khususnya pengiriman barang ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan tutup dari empat hari lalu. Penutupan dilakukan dari Selasa (28/5/2024) karena ombak pantai di tiga pelabuhan rakyat di Kusamba (Tribuana, Banjar Bias, dan Mongalan) mencapai lebih dari empat meter.
Perahu-perahu tradisional yang biasa digunakan untuk angkutan barang tidak beroperasi. Ombak juga cukup tinggi, sekitar 2 – 3 meter di pantai. Sedangkan, barang-barang milik pedagang menumpuk di gudang pelabuhan dan pinggir pantai setempat. Barang-barang didominasi sembako dan material bangunan yang akan diseberangkan untuk kebutuhan warga di kepulauan.
Salah satu pemilik perahu, Gusti Wija mengatakan ombak mulai membesar dari pukul enam hingga pukul 10.00 Wita. Dan bisa surut lagi saat siang, sore lagi naik sekitar pukul 15.00 Wita.
“Dari Syahbandar tidak mengijinkan berangkat selama cuaca buruk, tapi pedagang bingung karena yang diseberangkan adalah sembako, ada juga sayur dan daging, kadang dipaksakan saat air membaik,” Kata Wija, di Pelabuhan Rakyat Tribuana.
Wija menyebut biasanya yang besar adalah ombak di pantai, itu yang menyulitkan saat bongkar muat barang. Buruh angkut bahaya jika menaikkan barang ke perahu dalam kondisi ombak besar. Sedangkan arus laut di tengah masih aman untuk penyeberangan.
 “Anginnya yang kencang, makanya ombak pantai besar,” imbuhnya.
Sementara Syahbandar Kusamba, I Nengah Warnata mengatakan untuk aktivitas penyeberangan barang dan nelayan sementara dihentikan karena cuaca kurang bersahabat.
“Perahu pengangkut barang, karena tidak memiliki ponton khusus untuk mendarat hanya andalkan tali pengikat saja, itu bahaya untuk proses bongkar muat, tapi tetap bisa kami ijinkan saat cuaca membaik,” pungkasnya. (Roni/bfn)