Paskibraka Karangasem Gagal Tembus Nasional

paskibraka-karangasem-gagal-tembus-nasional
Foto: I Wayan Sutapa, Kepala Kesbangpol Karangasem.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Duta pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Karangasem gagal tembus Nasional. Dari 9 orang perwakilan yang lolos seleksi di tingkat Provinsi Bali, satupun tidak ada yang bisa tembus ke Senayan.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutapa, dikonfirmasi, Selasa (4/6) membenarkan hal itu. Dia mengatakan, tidak lolosnya duta Paskibraka Karangasem itu disebabkan nilai wawasan kebangsaan yang dimiliki kalah saing dengan duta Paskibraka kabupaten lainnya.

“Awalnya kami kirim 10 perwakilan untuk seleksi di tingkat provinsi, tapi yang lolos hanya 9 orang dan satu perwakilan lagi dikembalikan ke Karangasem. Sayangnya 9 perwakilan yang lolos seleksi gagal bisa tembus menjadi anggota Paskibraka Tingkat Nasional,” jelas Sutapa, seraya menambahkan, meski gagal lolos seleksi Paskibraka Nasional, lanjut Sutapa, 9 perwakilannya itu tetap bergabung menjadi anggota Paskibraka Provinsi Bali.

Sekadar diketahui, tahun 2023 lalu, Kabupaten Karangasem berhasil menghantarkan dua orang anggota Paskibrakanya lolos ke Senayan, dari 5 orang perwakilan yang lolos seleksi di tingkat Provinsi Bali.

“Sejatinya personil yang kami kirim mengikuti seleksi, secara postur sudah memenuhi standar Paskibraka Nasional. Hanya saja secara akumulasi poin, seperti bidang wawasan kebangsaan perwakilan Karangasem kalah tipis beberapa poin dari perwakilan daerah lain,” pungkas Sutapa. (tio/bfn)