Pemanah Akan Diseleksi Perpani Bali ke Kejurnas Junior

pemanah-akan-diseleksi-perpani-bali-ke-kejurnas-junior
Ket Foto : Seleksi pemanah Junior putra dan putri akan diseleksi untuk Kejurnas Panahan Junior 2024. Foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Para pemanah putra dan putri junior yang nantinya akan turun ke Kejurnas Panahan Junior di Batam akhir Juni sampai awal Juli 2024, akan diseleksi Pengprov Perpani Bali. Divisi yang akan dipertandingkan nantinya yakni Divisi Nasional, Recurve dan Compound. Sedangkan kategori usia yang dipertandingkan yakni pemanah usia Under 13 tahun (U-13), U-15 dan U-18.

Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov Perpani Bali, Infithar Fajar Putra, seleksi pemanah junior bakal digelar pada 15 dan 16 Juni 2024 mendatang di Lapangan SMPN 2 Denpasar, dengan sistim IRAT atau atau nilai rata-rata tertinggi.

“Seleksi Kejurnas Junior itu akan dilangsungkan setelah helatan Walikota Cup juga di Lapangan SMPN 2 Denpasar pada 10 – 12 Juni 2024. Hanya bedanya kalau Walikota Cup itu sendiri khusus bagi para pemanah pemula,” tutur Fajar Putra yang juga Wakil Ketua I Pengkot Perpani Denpasar di Denpasar, Kamis (30/5/2024).

Terkait jumlah pemanah dari hasil seleksi yang akan dikirim ke Kejurnas Panahan Junior 2024 itu, pria yang juga Binpres PB Perpani itu menyebutkan jika semuanya tergantung dari orang tua pemanah junior nantinya.

“Semua tergantung orang tua karena ini biaya mandiri ke Kejurnas Junior Panahan 2024 dan biayanya cukup besar karena gelarannya di Batam. Ini berbeda dengan Kejurnas Junior 2023 yang saat itu Bali mengirimkan 42 pemanah junior putra dan putri ke Sentul, Bogor,” tambah Fajar Putra.

Jelasnya lanjutnya, untuk Kejurnas Junior tahun lalu banyak mengirimkan pemanaj junior karena meski biaya mandiri dari orang tua, biayanya tidak sebesar tahun 2024 karena jarak gelaran lebih dekat. “Karena itulah saya rasa untuk Kejurnas Panahan Junior pemanah yang ikut akan berkurang disbanding tahun lalu,” tegas Fajar Putra.

Hasil dari Kejurnas Junior itu dipaparkan nantinya akan diproyeksikan untuk Youth Olympic di negara Senegal tahun 2026. “Rencananya PB Perpani akan menggelar pemusatan latihan jangka panjang untuk pemanah junior yang proyeksi untuk ke Senegal,” paparnya.

Sedangkan terkait dengan nomor yang dipertandingkan di Youth Olympic sendiri hanya Divisi Recurve untuk perorangan putra dan putri juga mix atau campuran. Satu negara hanya boleh mengirimkan 2 pemanah saja putra dan putri.

“Untuk nomor mix akan dilakukan dengan sistim pemanah dengan ranking tertinggi harus berpasangan dengan pemanah raning rendah. Jadi bisa saja dua pemanah mix, pemanahnya beda negara,” tutupnya. (ena/bfn)