Persiapkan Pembangunan Hingga Tahun 2025, Bappeda Badung Gelar Musrembang

persiapkan-pembangunan-hingga-tahun-2025-bappeda-badung-gelar-musrembang
Bappeda Kabupaten Badung menggelar Musrenbang RKPD di Kecamatan 2024. Pembukaan Musrembang ini dilaksanakan pada  Kamis (1/2/2024) di ruang Kertha Gosana.

MANGUPURA, Balifactualnews.comBadan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung sudah mulai mempersiapkan pembangunan 2025 dengan menggelar  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kecamatan 2024. Pembukaan Musrembang ini dilaksanakan pada  Kamis (1/2/2024) di ruang Kertha Gosana.

Musrembang diawali dengan sambutan dari Wakil Bupati yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan mengapresiasi, pelaksanaan musrembang di kecamatan.

Baca Juga : Bupati Giri Prasta Komitmen Penuh Tindak Lanjuti Arahan Pj Gubernur Bali Terkait Pengelolaan Pantai Kuta

“Pelaksanaan Musrembang ini nantinya akan mampu memprioritaskan pembangunan secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan stabilitas perekonomian dan daya saing daerah, sekaligus menapak optimisme dalam menjawab berbagai dinamika serta tantangan ke depan,” demikian sambutan yang dibacakan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Badung, I Made Wira Dharmajaya, kepada awak media mengatakan, Musrembang diikuti oleh peserta se Kecamatan Badung yang bertujuan sebagai media penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan kegiatan prioritas pemerintah desa atau kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan di Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Kuat Dugaan Proses Ngadegang Bendesa Adat Muncan Akan Kebiri Awig

“Jadi kegiatan Musrenbang RKPD ini merupakan forum sangat strategis dimana hasil dari musrembang ini akan dijadikan sebagai bahandan acuan pembahasan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten dan penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2025,” terang Wira Dharmaja.

Lebih jauh disampaikan Wira Dharmaja, musrembang kali ini juga sebagai tahapan awal dalam menyusun perencanaan kerja pemerintah daerah tahun 2025 serta merupakan tahap awal menjaring aspirasi masyarakat yang  menjadi usulan prioritas d tahuni 2025 mendatang.

Untuk itu ia mengharapkan usulan usulan yang disampaikan mengerah kepada “Penguatan Transformasi Ekonomi dan Investasi” dalam upaya meningkatkan daya saing daerah dengan tetap menjalankan program-program prioritas dari RKPD.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat, Wabup Suiasa Apresiasi FGD Mall Pelayanan Publik

“Dalam RKPD tahun 2025 itu tentunya akan sangat bermakna strategis sebagai pelaksanaan tahun keempat RPJMD semesta berencana Kabupaten Badung tahun 2021-2026 sehingga performa perencanaan harus dapat menggambarkan implementasi atau penjabaran visi dan misi Bupati atau Wakil Bupati terlebih melalui program serta kegiatan yang jelas dan terukur dalam kondisi yang terbatas,” imbuhnya.

Wira Dharmaja berharap,  hasil rumusan yang diperoleh melalui tahapan musrembang harus sejalan dengan RPJMD semesta berencana Kabupaten Badung tahun 2021-2026 yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 4 tahun 2021.

Dalam pembukaan musrenbang tersebut diikuti oleh ratusan peserta  dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Badung. (ims/bfn)

 

Exit mobile version