Putra Raja Klungkung Mendaftar di Partai Hanura, Cok Sumara Wisesa Siap Tarung Pilkada

putra-raja-klungkung-mendaftar-di-partai-hanura-cok-sumara-wisesa-siap-tarung-pilkada
Cok Gde Agung Sumara Wisesa, kali ini mendaftar melalui Partai Hanura, Jumat (17/6/2024) sore.
banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Terus tancap gas putra dari Panglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Smara Putra, yakni Tjokorda Gde Agung Sumara Wisesa, kembali daftar sebagai kandidat calon bupati (Cabup) untuk tarung Pilkada Klungkung.

Cok Gde Agung Sumara Wisesa, kali ini mendaftar melalui Partai Hanura, Jumat (17/6/2024) sore. Sebelumnya, putra Raja Klungkung ini sudah daftar Cabup melalui Partai NasDem Nasdem Klungkung, pada Selasa (7/5) lalu.

Dia mendaftar datang langsung ke Sekretariat DPC Hanura Klungkung di Jalan Anyelir dekat Terminal Galiran Klungkung, Jumat kemarin sekitar pukul 17.00 Wita.

 Pria yang aktif di dunia wiraswasta dan akademisi ini diterima oleh Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwata, dan jajaran pengurus lainnya.

Selain Hanura dan NasDem, Tjok Wisesa tengah menjajaki partai lain terutama yang tergabung dalam koalisi Nawasena. Adapun 6 parpol pembentuk Koalisi Nawasena masing-masing, Partai Golkar (3 kursi), Hanura (3 kursi), NasDem (2 kursi), Perindo (1 kursi), PSI (1 kursi) dan Demokrat. Dari koalisi Nawasena ini mengumpulkan total 10 kursi hasil Pileg DPRD Klungkung Februari 2024.

Cok Sumara Wisesa mengatakan sudah mengajukan pencalonan diri sebagai Bupati Klungkung salah satunya melalui partai Hanura, yang di dalamnya juga tergabung dalam koalisi Nawasena. “Tiang (saya) didampingi sama semeton, dan teman, acaranya sederhana saja karena hanya penyerahan dan silaturahmi dengan teman-teman di Hanura,” ujarnya.
Dia juga mengaku sudah melakukan komunikasi dengan para parpol yang tergabung dalam koalisi Nawasena. Namun, untuk penyerahan formulir pendaftaran dan silaturahmi secara resmi baru di NasDem dan Hanura. “Komunikasi dengan semua parpol di koalisi Nawasena semuanya sudah,” ujar Tjok Wisesa.

Mengenai rekomendasi siapa yang disusung, kata Cok Sumara Wisesa hal itu sepenuhnya diserahkan kepada partai pengusung koalisi.

 “Intinya semua sudah tahu harapan dan keinginan tiang, kalau masalah persaingan tiang kembalikan kepada koalisi. Yang jelas semoga persaingan sehat, dan siapapun yang diorbitkan nanti memang calon pemimpin yang unggul, dan punya dedikasi untuk Klungkung,” harapnya.

Keputusannya maju ke Pilkada Klungkung merupakan atas permintaan dari masyarakat. Sebagai orang dari luar parpol, kata dia, persiapan sudah dilakukan dengan jaringan ke pemerintah pusat dan sudah berkomunikasi dengan banyak pihak. “Minimal semangat untuk menuju Indonesia emas 2045,” imbuhnya.

Dengan ikut maju, dia berharap bisa membawa Klungkung lebih maju, sejahtera berlandaskan keharmonisan berbasis budaya. “Karena saya memang bukan dari kalangan kader partai, maka saya juga harus aktif untuk cari kendaraan (partai),” ungkapnya.

Ketua DPC Hanura Klungkung, I Wayan Buda Parwata, mengatakan kedatangan Tjok Wisesa daftar Cabup melalui Hanura disambut penuh, dengan hadirkan semua pengurus baik ketua, sekretaris, bendahara, fraksi, termasuk anggota terpilih.

Buda Parwata mengapresiasi Tjok Wisesa sudah daftar di Hanura, karena telah menghormati prosedur proses yang sedang berjalan di Hanura.

 “Beliau juga sangat konsen terhadap kemajuan daerah, beliau akan bersafari keliling mendekati partai-partai yang sedang menjalani proses pendaftaran,” ujar Buda Parwata.

Selaku pimpinan partai, Buda Parwata juga menyarankan kepada Tjok Wisesa setelah safari keliling ke parpol, untuk silaturahmi juga ke angga puri, angga gria menyampaikan maksud dan tujuannya maju.

“Terkait figur yang akan diusung kita mengundang tokoh-tokoh baik dari parpol maupun non parpol, untuk mendaftar di Hanura dalam membangun Klungkung ini,” ujar Buda Parwata menghimbau semua masyarakat Klungkung untuk ikut berpartisifasi. (Roni/bfn)