Ruko Sembako Terbakar, Pemilik Nyaris Terpanggang

ruko-sembako-terbakar-pemilik-nyaris-terpanggang
Foto: Petugas Damkartan Karangasem saat melakukan penanganan kebakaran ruko di Jalan Kesatrian, Karangasem Senin (4/12) malam
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Arus pendek listrik sering menjadi pemicu kebakaran di Karangasem. Senin (4/12) malam, sruko UD Jaya penjual sembako hangus dilalap Si Jago Merah. Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena korsleting listrik yang terjadi pada ruko milik korban.

Adalah Ni Komang Suardani (48) yang mengalami musibah itu. Ruko sembako miliknya yang berlokasi di Jalan Kesatrian, Amlapura, hangus terbakar. Tak satupun barang berharga termasuk dua unit sepeda motor (Honda PCX dan Yamaha NMAX) yang ada di dalam ruko bisa diselamatkan.

Kepada petugas pemadam kebakaran yang melakukan penanganan malam itu, Suardani menuturkan, bahwa sebelum musibah menimpa, dia bersama suaminya hendak menutup pintu ruko karena hari sudah malam. Usai menutup pintu ruko, pasutri itu naik ke lantai dua untuk beristirahat. Berselang beberapa menit, tiba-tiba lampu di dalam ruko padam. Sampai disini kepanikan belum muncul. Suami Suardani masih tenang mengecek kondisi kilometer listrik ke lantai satu. Itu dilakukan untuk memastikan musabab lampu rukonya padam.

Tapi, belum sempat mengecek kilometer listrik, suami Suardani berteriak histeris. Pasalnya begitu tiba di lantai satu asap tebal terlihat sudah menyelimuti lantai satu bangunan ruko. Suami Suardani nyaris terpanggang, beruntung dia bergegas naik ke lantai dua bangunan rukonya. Selanjutnya pasutri itu dengan cepat keluar bangunan ruko dengan cara melompat melalui pintu belakang menuju Pasar Amlapura Barat.

Berhasil menyelamatkan dari kepungan api yang berkobar di dalam rukonya, sambil menjerit histeris, korban suardani meminta bantuan warga. Teriakan Suardani membuat warga di seputaran jalan Sartian berhamburan keluar rumah untuk memberi pertolongan. Sambil membawa alat seadanya mereka berusaha memadamkan api yang lagi kalap. Sementara warga lainnya dengan cepat menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kabupaten Karangasem untuk melakukan penanganan.

Berselang beberapa menit dari laporan warga, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Karangasem yang di komando Made Agus Budiyasa, tiba dilokasi untuk melakukan penanganan. Sebanyak 12 personil dan 4 unit armada dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar ruko sembako milik Suardani. Setelah 1 jam berjibaku, petugas pemadam kebakaran berhasil melumpuhkan amukan Si Jago Merah. Kendati demikian, bangunan ruko beserta isinya dan juga dua unit sepeda motor yang ditaruh di dalam ruko tak bisa diselamatkan.

“Dugaan sementara, kebakaran disebabkan karena terjadi arus pendek listrik pada ruko milik korban. Musibah ini membuat korban mengalami kerugian sekitar Rp500 juta,” jelas Agus Budiyasa. (tio/bfn)