Saka Pariwisata Diminta Gali dan Kembangkan Potensi di Kabupaten Buleleng

saka-pariwisata-diminta-gali-dan-kembangkan-potensi-di-kabupaten-buleleng
Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng Gede Suyasa saat Pelantikan dan Pengukuhan Saka Pariwisata, Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengurus Kwarcab Buleleng serta Badan Kelengkapan Kwarcab Buleleng Masa Bakti 2020-2025 di Wantilan Praja Winangun, Kantor Bupati Buleleng, pada Rabu (13/12/2023).

BULELENG, Balifactualnews.com – Satuan Karya (Saka) Pariwisata Gerakan Pramuka diminta untuk lebih menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Buleleng. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng Gede Suyasa saat ditemui usai Pelantikan dan Pengukuhan Saka Pariwisata, Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengurus Kwarcab Buleleng serta Badan Kelengkapan Kwarcab Buleleng Masa Bakti 2020-2025 di Wantilan Praja Winangun, Kantor Bupati Buleleng, pada Rabu (13/12/2023).

Suyasa menjelaskan setiap Saka memiliki program kerja tersendiri. Termasuk Saka Pariwisata yang baru saja dilantik. Kwarcab sebagai pendukung dari program kegiatan sektoral yang disusun masing-masing Saka. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Saka Pariwisata dikoordinasikan oleh Dinas Pariwisata sebagai Majelis Pembimbing Saka. “Disana akan disusun dan dikembangkan lebih detail program-program kegiatan apa saja yang bisa dilakukan pada Saka Pariwisata ini,” jelasnya.

Salah satu cetak biru program-program kegiatan yang sudah diberikan kepada Saka Pariwisata adalah lebih menggali lagi potensi dan mengembangkan potensi yang ada di Buleleng. Kemudian, membantu publikasi dan promosi potensi pariwisata yang ada lewat kreativitas yang ramah dengan digitalisasi. Dengan demikian, promosi bisa menjadi lebih menarik. “Program-program kegiatan tersebut bisa membantu mendorong perkembangan pariwisata di Buleleng,” ujar Suyasa.

Lebih lanjut, Suyasa mengatakan pada tahun 2024 mendatang Dinas Pariwisata memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendukung Pendidikan Pariwisata. Adanya DAK tersebut lebih memperkuat program-program kegiatan Saka Pariwisata. Ini menunjukan Gerakan Pramuka sebagai organisasi kependidikan dan kepemudaan serta Saka Pariwisata bersifat sektoral yang berada dalam Dinas Pariwisata. “Tahun depan akan dirancang program-program kegiatan oleh Saka Pariwisata termasuk pembiayaannya,” imbuh mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng ini. (tya/bfn)

 

Exit mobile version