Sasaran Atlet PON Indonesia Turun di RBOHT 2024

sasaran-atlet-pon-indonesia-turun-di-rboht-2024
Ket Foto : Salah seorang owner RBC Renon dan atlet Bali, Edward Ikhwan Sandjaya (kanan). Foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Kejuaraan Biliar skup nasional bertitel RBC Bali Open Handicap Tournament (RBOHT) 2024, yang digelar rumah biliar Renon Billiard Centre (RBC) pada 28 Mei 2024 sampai 4 Juni 2024 mendatang, bakal menjadi sasaran bagi para atlet biliar PON untuk adu kemampuan.

Kejuaraan bergengsi yang akan dilangsungkan di RBC Renon, Denpasar itu mempertandingkan kategori pria dan wanita. Pertimbangan atlet biliar PON 2024 akan bisa menjadikan kejuaraan itu sebagai ajang pemanasan sebelum turun di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), juga pastinya hadiah juara cukup menggiurkan jumlahnya total untuk putra dan putri mencapai Rp.309 juta.

“Target kami setidaknya untuk pebiliar putra 256 pebiliar dan putri 64 pebiliar. Malah sekarang saja sudah ada beberapa klub biliar besar di Indonesia sudah mendaftarkan para pebiliarnya. Memang umumnya atlet biliar nasional atau atlet biliar PON biasanya juga terdaftar sebagai anggota klub besar tersebut,” ujar salah seorang owner RBC, Edward Ikhwan Sandjaja di RBC Renon, Rabu (3/4/2024).

Disamping itu versi atlet Biliar Bali di Babak Kualifikasi (BK) PON 2023 silam itu, tak menutup kemungkinan pebiliar dari luar Indonesia ambil bagian di kejuaraan tersebut. Malah baru-baru ini ada pebiliar Filipina yang bermain di RBC Renon.

“Kami selalu well come saja siapapun pesertanya terpenting mengikuti aturan dan persyaratan kejuaraan. Meski dominasi diikuti atlet biliar atau pebiliar luar Bali namun setidaknya kejuaraan itu masuk dikategori sport tourism. Artinya ikut mendatangkan wisatawan nusantara utamanya dan wisatawan mancanegara pada umumnya,” terang Edward.

Kejuaraan tersebut selain sebagai ajang pemanasan PON 2024 dan sport tourism, juga untuk menambah mental bertanding baik pebiliar di dalam maupun diluar Bali yang ambil bagian. “Kami menggelar kejuaraan itu untuk menambah kompetisi para pebiliar di seluruh Indonesia yang ikut bertanding, juga turut meningkatkan perekonomian di Bali melalui dunia olahraga biliar. Pertandingan level nasional bahkan internasional seperti ini sudah seringkali digelar RBC dari tahun ke tahun. Paling tidak olahraga biliar di Bali akan selalu semarak dan gebyar dengan adanya kejuaraan biliar bergengsi seperti ini untuk sisi prestasi,” tandasnya. (ena/bfn)