SDN 1 Tojan Klungkung Terpilih sebagai Sekolah Terbaik se Bali Program Ban The Big 5

sdn-1-tojan-klungkung-terpilih-sebagai-sekolah-terbaik-se-bali-program-ban-the-big-5
Rapat Komite SDN 1 Tojan. Kamis(28/3/2024)
banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Disela sela pembentukan Pengurus Komite SDN 1 Tojan periode 2024 -2029 dimana tercetus keberhasilan SD Negeri 1 Tojan terpilih sebagai sekolah terbaik se-Bali yang mencangkup 8 Kabupaten dan 1 Kota Madya di Bali dalam program Ban The Big 5 pada tahun 2023. Namun ada yang memprihatinkan adanya seorang siswanya yang harus diamputasi kakinya karena menderita kanker.l
Hal itu dikemukakan Kepsek SDN 1 Tojan ,Ni Putu Elis Puryati SPd Kamis(28/3/2024) dihadapan semua orang tua siswa yang hadir saat pembentuka  Komite Sekolah. Menurut Bu Elys yang akrab dipanggil,Kepsek yang mulai bertugas sebagai Guru tahun 2005 sampai 2021 dan diangkat sebagai Kepsek 7 Mei 2021 ini,dimana Sekolah SDN 1 Tojan tahun 2024 ini ditunjuk sebagai Sekolah Ekologis.Disamping itu ada Siswa SD Negeri 1 Tojan juga telah lolos sebagai penulis buku dalam ajang Penulis CACB.
“Anak anak SDN 1 Tojan juga berhasil menyabet sebagai Juara 3  Lomba Pickle Ball di Tingkat Kecamatan Tahun 2023 dan  Juara 2 dan 3 Lompat Jauh PORSENIJAR Kecamatan Klungkung Tahun 2023 lalu,”ungkap Bu Elys.
Namun dibalik keberhasilan tersebut dirinya selaku Kepsek merasa sangat bersedih dan prihatin dengan adanya seorang siswinya  yang kakinya harus diamputasi karena menderita kanker ganas.
“Siswi yang kakinya harus diamputasi tersebut bernama Made Ayu Sintya Adnyani(9) alamat Dusun Tojan Kaler Desa Tojan . Anak dari bapak  I Nyoman Darta  dan  ibuk Ni Wayan Sri Sukanti  yang kesehariannya bekerja sebagai buruh . Atas kepedulian komite sekolah melalui orang tuan siswa akhirnya terkumpul donasi sebesar Rp 1.170.000,” ujarnya lirih.
Sementara itu Kadisdikpora Klungkung Drs Ketut Sujana dihubungi sangat mengapresiasi prestasi SDN 1 Tojan yang terpilih sebagai sekolah terbaik se Bali tahun 2023 lalu.
Untuk itu Kadisdik Sujana mengucapkan selamat dan sukses kepada kepala SDN Tojan dan jajaran atas terpilihnya SDN Tojan sebagai SDN terbaik SE Bali tahun 2023.
“Tentu keberhasilan ini wujud usaha keras dan kerjasama kita semua dari pemerintah dan usaha dari komite serta masyarakat berkolaborasi dalam pencapaian ini semoga menjadi inspirasi untuk sekolah lainnya agar selalu berprestasi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat dan anak didiknya,” ujar Kadisdik Drs Ketut Sujana.
 Disamping itu menurutnya berhasilnya terpilihnya SDN 1 Tojan sebagai sekolah terbaik di Bali dan itu berkat  kepemimpinan bu Kepala Sekolah dan kekompakan jajaran dewan Guru juga atas dukungan Komite Sekolah.
Terkait adanya anak SDN 1 Tojan yang menderita kangker dan harus diamputasi kakinya,dirinya akan segera berkordinasi dengan pihak K3S untuk bisa dibantu.
“Terkait salah satu anak yang telah dioperasi kami jajaran Disdikpora merasa ikut prihatin terhadap seorang anak kami tertimpa musibah  sampai harus diamputasi .Kami segera berkoordinasi dengan k3s untuk ikut berusaha untuk meringankan beban orang tuannya,” pungkasnya. (Roni/bfn)