Setengah Tahun Lebih Tak Turun Hujan, Kecamatan Kubu Gersang Masuk Zona Merah Kemarau

setengah-tahun-lebih-tak-turun-hujan-kecamatan-kubu-gersang-masuk-zona-merah-kemarau
Salah satu Kecamatan di kabupaten yang lebih dari 200 hari terakhir  tidak pernah turun hujan sekalipun, adalah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

KARANGASEM, Balifactualnews,com – Salah satu Kecamatan di kabupaten yang lebih dari 200 hari terakhir  tidak pernah turun hujan sekalipun, adalah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, yang di tahun 2023 ini menjadikannya sebagai wilayah katogori zona merah pada musim kemarau.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa membenarkan prihal zona merah kemarau untuk wilayah Kecamatan Kubu. Menurutnya, sampai saat ini belum sekalipun pernah turun hujan diwilayah kubu sejak 240 hari terakhir ini.

“Ya wilayah kubu masuk kemarau zona merah, sejak pertenggahan maret sampai nopember 2023 ini tidak pernah turun hujan, jika dilihat sudah mencapai 244 hari, ” kata Arimbawa dikonfirmasi, Rabu (29/11/2023).

Atas kondisi tersebut, hingga saat ini BPBD Karangasem masih terus melakulan pe distribusian air bersih untuk wilayah Kubu. Selain itu, pendistribusian air berasih juga masih dilakukan untuk wilayah Kecamatan Karangasem seperti di Desa Seraya Seraya Timur.

Sementara itu, memasuki pertengahan Noveber 2023, sebagian wilayah Kabupaten Karangasem mulai turun hujan dengan intensitas ringan maupun lebat seperti diwilayah Kecamatan Selat, Rendang, Sidemen, Bebandem, Abang maupun Manggis. Puncak musim hujan menurut Arimbawa sesuai perkiraan BMKG akan terjadi bulan Januari – Februaro 2024 mendatang.

“Pertama perkiraan hujan mulai turun pertengahan Nopember, namun belum merata dan puncak musim hujan sesuai prakiraan cuaca BMKG pd bulan Januari – Pebruari 2024,” kata Arimbawa menambahkan. (dev/ger/bfn)

Exit mobile version