Tekad PB FYI Bangkitkan Yongmoodo Diapresiasi KONI Pusat

tekad-pb-fyi-bangkitkan-yongmoodo-diapresiasi-koni-pusat
Ket Foto : Para Pengurus baru PB FYI bertekad besarkan cabor Yongmoodo. Foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – PB FYI yang memiliki tekad membangkitkan cabang olahraga (cabor) Yongmoodo di tanah airdiapresiasi KONI Pusat. Semua itu terungkap saat Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengukuhkan dan melantik Ketua Umum pe PB FYI masa bakti 2023 – 2027 Mayjen TNI Purn Eka Wiharsa dan pengurus barunya di Kantor KONI Pusat, Senayan Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Hal itu dijelaskan Humas PB FYI Gede Agra Kumara. Diakuinya, cabor Yongmoodo merupakan gabungan bela diri Judo, Taekwondo, Hapkido, Sireum dan Hon Sin Sul. Di Indonesia, Yongmoodo sudah sempat dipertandingkan pada PON XIX/2016 di Bandung Jawa Barat.

“Pak Marciano mengutaraan jika pelantikan PB FYI menjadi momentum kebangkitan cabor Yongmoodo Indonesia. Beliau mengutaraka terima kasih karena tekad dan dedikasi besar dalam menghidupkan kembali Yongmoodo. Berlatar belakang TNI pak Marciano memahami bagaimana jatuh bangunnya olahraga Yongmoodo,” kataAgra Kumara menirakan Marciano Norman saat pelantikan, Kamis (14/12/2023).

Disebutkannya, Ketua Umum KONI Pusat itu juga menjelaskan jika pada PON XIX silam, cabor Yongmoodo dipertandingkan dengan status ekshibisi, hanya saja belum bisa dilanjutkan untuk dipertandingkan pada PON XX/2021 Papua maupun PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara karena keterbatasan yang ada.

“Pak Marciano juga berpesan kepada pengurus baru dilantik memiliki tugas utama melakukan sosialisasi olahraga Yongmoodo ke seluruh Indonesia agar berkembang lebih besar dan bekerja sama dengan berbagai pihak mulai TNI/Polri hingga klub olahraga,” terang Agra Kumara.

Disebutkannya, jika cabor Yongmoodo memiliki risiko cedera yang tinggi sehingga perlu perhatian khusus agar penghobi tetap menekuni Yongmoodo.

“Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap Yongmoodo. Dan muncullah dengan satu tekad baru jika ongmoodo merupakan olahraga bela diri yang bisa dibanggakan dan membuat Indonesia bangga akan prestasinya.” urai Agra Kumara menirukan Marciano.

Ketua Harian Pengprov FYI Bali itu, juga menambahkan, Ketua Umum PB FYI Mayjen TNI Purn Eka Wiharsa sendiri menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin cabang olahraga Yongmoodo Indonesia.

“Terima kasih atas support dan kepercayaan yang diberikan kepada saya guna menjalankan tugas sebagai Ketua Umum PB FYI. Memang ini tidak ringan tapi dengan dukungan maka semuanya tidak akan kami sia – siakan. Kami nantinya akan mempersiapkan Yongmoodo dipertandingkan pada PON XXII/2028 di NTB-NTT,” tutup Agra Kumara menyampaikan tekad Ketum PB FYI. (ena/bfn)