Temuan Tulang Belulang Manusia Gegerkan Warga Gegelang

Petugas Polsek Manggis saat melakukan penangan penemuan kerangka manusia yang menggegerkan warga Banjar Dinas Gegelang, Desa Gegelang, Selasa (11/6/2024) 
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com– Sebuah kerangka (tulang belulang) manusia ditemukan berserakan di sebuah kebun  milik warga Banjar Dinas Gegelang, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Selasa (11/6/2024). 

Temuan  tulang belulang itu sontak menggegerkan warga setempat. Pasalnya satu  tahun lalu muncul laporan seorang lansia hilang dan hingga kini belum ditemukan.

Kelian Banjar Dinas Gegelang I Made Sukerta, mengatakan, kerangka manusia tersebut ditemukan salah seorang warga yang hendak memotong kayu di kebun. Kondisi kerangka saat itu sudah tinggal tulang belulang saja. 

“Antara kerangka satu dan yang lain sudah sudah tidak menyatu dan ditemukan dalam kondisi sedikit berjauhan,” terang Sukerta.

Tidak berselang lama dari penemuan kerangka manusia itu, beberapa warga sekitar kemudian berbondong-bondong menuju ke lokasi untuk melihat dan memastikan kondisi kerangka  yang ada.  Setelah melihat secara seksama, salah seorang warga akhirnya mengenali  bahwa kerangka tersebut diduga milik I Nengah Widia (80) yang dinyatakan hilang sekitar 1 tahun lalu. Pihak keluarga bisa mengenali  kondisi kerangka tersebut,  karena pakaian yang biasa digunakan Widia masih melekat pada tulang belulang.

“Pihak keluarga meyakini bahwa tulang belulang yang ditemukan oleh tukang potong kayu itu adalah milik I Nengah Widia yang sudah hilang sejak 1 tahun lalu. Keyakinan itu karena pakaian yang dikenakan saat menghilang masih melekat pada tulang belulang yang ditemukan terpisah,” ujar Sukerta.

Memastikan kerangka manusia tersebut milik  salah seorang warga yang sebelumnya sempat hilang,  Sukerta mengaku telah telah menghubungi pihak kepolisian untuk melakukan penanganan. 

“Warga tidak  dan pihak keluarga tidak ada yang berani menyentuh tulang belulang itu sebelum pihak kepolisian datang,” terangnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Manggis, Kompol Agung Budiarto,  melalui Kasi Humas Polres Karangasem, Iptu I Gede Sukadana, membenarkan laporan tersebut. Dia mengatakan saat laporan masuk, jajarannya sudah turun ke lokasi melakukan penanganan. Hanya saja pihaknya belum berani memastikan bahwa kerangka manusia itu milik lansia hilang bernama Nengah Widia. 

“Semua masih kami dalami, dari barang bukti pakaian yang ditemukan di lokasi, kuat dugaan  mengarah kesana. Tapi untuk memastikannya perlu dilakukan uji Lab Forensik,” tandasnya. (tio/bfn)