Tragedi STIP Jakarta Tewaskan Taruna asal Bali, Penerimaan Mahasiswa Baru Disetop

tragedi-stip-jakarta-tewaskan-taruna-asal-bali-penerimaan-mahasiswa-baru-disetop
Menhub Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian adat Bali sata mengunjungi rumah duka Putu Satria Ananta Rustika, Kamis(9/5)
banner 120x600

SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Tragedi di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayar (STIP) Jakarta, yang menewaskan taruna asal Klungkung Bali menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan menyetop penerimaan mahasiswa baru STIP Jakarta tahun ini. Hal tersebut disampaikannya saat melayat ke rumah duka Putu Satria Ananta Rustika, yang meninggal dunia karena dianiaya senironya.

Budi mengucapkan duka yang mendalam. Merespon tragedi di STIP Jakarta dan penganiayaan yang dialami Putu Satria hingga dia meninggal dunia, pihak Kemenhub mengambil langkah,selain meniadakan perekrutan mahasiswa baru tahun ini, juga mendorong proses hukum yang transparan terhadap pelaku, mengubah Kurikulum Sekolah Kedinasan di bawah naungan kemenhub, mengevaluasi seluruh sekolah kedinasan naungan kemenhub dan memberikan prioritas sekolah kedinasan.

Baca Juga : Pendaftaran Independen Cabup dan Cawabup Pilkada Klungkung Sepi Peminat

“Tahun 2024 ini untuk penerimaan mahasiswa baru akan distop. Satu angkatan disetop, baru bisa menerima lagi tahun depan lagi,” terang Menhub Budi Karya Sumadi kepada awak media, Kamis(9/5).

Lanjut Budi, Sebagai perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenhub. Sumadi berharap di kampus Pelayaran STIP tak ada lagi budaya senioritas terhadap junior. Tak hanya STIP, ada sebanyak 23 sekolah vokasi di bawah Kemenhub juga akan dilakukan evaluasi.

“Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan atau BPSDMP akan mengevaluasi STIP secara internal dan mencabut status taruna terduga pelaku. Kemenhub Kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Jakarta Utara juga terus mendampingi proses pengungkapan kasus, agar transparan atas kematian Satria,” ungkap Budi.

Baca Juga : Pj Bupati Jendrika Dampingi Menhub Budi Karya Melayat ke Rumah Duka Taruna STIP

Sementara itu, terkait pemberian bantuan Prioritas Sekolah Kedinasan kepada adik Satria yang saat ini sedang duduk di bangku SMA, Menhub Budi mengatakan, pihaknya akan memberi kemudahan untuk Dita(adik korban-red) jika ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan yang berada di bawah Kemenhub.

“Surat sudah tiba Rabu kemarin dan diketahui Pj Bupati Klungkung, Surat lengkap dengan kop kementerian agar nantinya bisa digunakan pihak keluarga korban,” pungkas Budi Karya Sumadi. (ronin/bfn)