Daerah  

Tumpek Wayang, Bupati Dana Bersama OPD Sembahyang di Pura Geria Gili Selang

tumpek-wayang-bupati-dana-bersama-opd-sembahyang-di-pura-geria-gili-selang
Foto: Bupati Gede Dana bersama Forkopimda dan Pimpinan OPD Pemkab Karangasem melakukan persembahyangan di Pura Geria Gili Selang, berkaitan dengan hari Tumpek Wayang, beberapa waktu lalu.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Hari raya Tumpek Wayang dalam penanggalan Umat Hindu Bali, jatuh pada Saniscara Kajeng Kliwon, Wuku Wayang setiap 6 bulan sekali. Perayaan kali ini Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Forkopimda dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karangasem, melakukan persembahyangan di Pura Geria Gili Selang, Desa Adat Seraya Timur, Sabtu (25/11).

Persembahyangan yang dipimpin pemangku pura setempat berlangsung khusyuk. Usai persembahyangan, Bupati Dana, menyampaikan, dalam Penanggalan Umat Hindu Bali, dikenal ada beberapa hari raya suci Tumpek yang merupakan bagian dari ajaran Agama Hindu di Bali.

Masing-masing upacara atau hari suci Tumpek itu sendiri memiliki makna dan fungsi yang berbeda-beda. Dirinya mengatakan, sesuai yang telah tertuang pada SE Gubernur Nomor 4 Tahun 2022 mempertegas kembali agar seluruh hari raya suci Tumpek agar dilaksanakan secara rutin.

“Saniscara Kliwon Wayang, kami telah melaksanakan persembahyangan bersama dengan upacara Jagat Kerthi yang bermakna Upacara Penyucian dan Pemuliaan Alam Semesta sebagai upaya untuk menjaga kesucian dan keharmonisan antara semua mahluk,” ucap Gede Dana.

Gede Dana mengatakan, persembahyangan bersama yang dilaksanakan di Pura Gili Selang itu, juga sebagai bentuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal Bali yang merupakan warisan leluhur.

“Banggalah dengan budaya Bali. Jangan mainstream kebarat-baratan. Mari menjadikan kebudayaan sebagai landasan dalam pembangunan, terutama nilai-nilai kehidupan Sad Kertih. Dunia boleh berubah dengan teknologi, tetapi kita jangan tergerus zaman. Tetap jaga budaya, sehingga sama-sama punya ruang,” pungkasnya. (tio/bfn)

 

Exit mobile version