Wakil Bupati Wayan Diar Lepas Jemaah Haji Kabupaten Bangli ke Tanah Suci

wakil-bupati-wayan-diar-lepas-jemaah-haji-kabupaten-bangli
Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar melepas Jemaah haji Kabupaten Bangli 1445 H/2023 Masehi dengan mengambil tema keberangkatan “Haji Ramah Lansia” bertempat di Ruang Rapat Bupati, Gedung Bhukti Mukti Bhakti Kantor Bupati Bangli pada Selasa,(21/05/2024).
banner 120x600

BANGLI, Balifactualnews.com – Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar melepas Jemaah haji Kabupaten Bangli 1445 H/2023 Masehi dengan mengambil tema keberangkatan “Haji Ramah Lansia” bertempat di Ruang Rapat Bupati, Gedung Bhukti Mukti Bhakti Kantor Bupati Bangli pada Selasa,(21/05/2024).

Dalam kesempatannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli Tia Sastrina ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Bangli dan jajarannya yang telah memberikan dukungannya selama ini dan juga telah memfasilitasi pemberangkatan jamaah haji dan rombongan menuju ke Embarkasi Haji Surabaya. Juga kepada pengurus/lembaga/ormas yang telah bersinergi untuk memberikan dukungan dan bantuan dalam pelayanan ibadah haji tahun 2024. “Terkait dengan jamaah yang akan berangkat, ada 16 orang jamaah yang akan berangkat tahun ini, 7 orang jamaah laki-laki dan 9 orang jamaah perempuan. Kategori usia dewasa (21-44) sejumlah 1 orang, usia muda (45-59) sejumlah 12 orang, lansia muda (60-69) 2 orang, dan lansia madya (70-79) 1 orang. Terkait dengan kondisi kesehatan, ada 8 orang jamaah dengan pendampingan obat dan 1 orang jamaah dengan pendampingan obat dan pendampingan orang. Serta pengantar yang akan berangkat dari Pemda sejumlah 3 orang dan dari Kementerian Agama sejumlah 4 orang, terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangli mengucapkan selamat kepada Bapak/Ibu sekalian yang telah mendapatkan panggilan Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Perjalanan ini adalah perjalanan suci, yang memerlukan kesiapan fisik, mental, dan spiritual. Oleh karena itu, saya berharap Bapak/Ibu sekalian telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, “Sebutnya dalam kesempatan tersebut.

Adapun rundown pelaksanaan ibadah haji tahun 2024, yakni dimulai dari pelepasan oleh Bupati Bangli pada tanggal 21 Mei 2024 (hari ini), pemberangkatan jamaah dari Bangli menuju embarkasi Surabaya pada tanggal 29 Mei 2024, pukul 20.00 WITA, jamaah masuk asrama haji tanggal 30 Mei 2024, dan jamaah akan diberangkatkan dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju Jeddah pada tanggal 31 Mei 2024. Jamaah haji akan pulang dari Madinah tanggal 11 Juli 2024, tiba di Surabaya tanggal 12 Juli 2024, dan tiba di Kabupaten Bangli tanggal 13 Juli 2024.

Wayan Diar mengucapkan selamat kepada calon Jamaah Haji yang telah mendapat panggilan dari Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Ini adalah anugerah yang luar biasa dan kesempatan yang sangat berharga, karena tidak semua orang mendapat kesempatan untuk menjadi tamu Allah di Baitullah. “Diperlukan kesiapan fisik, mental, dan spiritual yang matang. Oleh karena itu, saya berharap saudara-saudara sekalian telah mempersiapkan diri dengan baik. Mengingat perjalanan haji adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan, tetapi juga penuh dengan makna dan keberkahan serta jangan ragu untuk berkonsultasi jika ada masalah kesehatan.”Ujarnya!

Pemerintah Kabupaten Bangli sudah menyiapkan fasilitas pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji melalui anggaran APBD setiap tahunnya. Fasilitas angkutan darat berupa bus telah disiapkan pada tanggal 29 mei 2024 untuk keberangkatan dan tanggal 12 juli 2024 untuk kepulangan jamaah haji Kabupaten Bangli.

“Saya berpesan kepada bapak/ibu agar selama berada di Tanah Suci, senantiasa menjaga nama baik pribadi, keluarga, Daerah dan Negara. Karenanya kita adalah umat yang berakhlak mulia, santun dan disiplin. Saling membantu sesama jamaah, baik dari Indonesia maupun dari negara lain. Semangat persaudaraan dan kebersamaan sangat penting dalam melaksanakan ibadah haji. Serta manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah. Perbanyak doa, dzikir dan amalan-amalan baik lainnya. Mohon ampunan dan ridha Allah SWT atas segala dosa dan kekhilafan kita dan doakan pula untuk kebaikan keluarga, masyarakat, serta Bangsa dan Negara kita,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, Kabag Kesra, Ketua MUI Kabupaten Bangli, Ketua Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bangli, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Bangli, Ketua Yayasan/Takmir Masjid Agung Bangli, Jamaah Haji Kabupaten Bangli serta tamu undangan lainnya. (bro/bfn)