Warga Kedampal Datah Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis

warga-kedampal-datah-mendapatkan-pelayanan-kesehatan-gratis
Warga wilayah Dusun Kedampal, Desa Datah, Abang, Karangasem, mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang diusulkan Bupati Karangasem I Gede Dana dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 59, Jumat (24/11/2023).

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Warga wilayah Dusun Kedampal, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang diusulkan Bupati Karangasem I Gede Dana dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 59, dipusatkan di SD N 5 Datah yang juga berareal di SMPN Satu Atap Datah, Jumat (24/11/2023).

Menurut Bupati Gede Dana, pelayanan kesehatan gratis berupa kegiatan Bakti Sosial di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem sengaja dilaksanakan di Dusun Kedampal Desa Datah karena wilayah ini tidak ada fasilitas kesehatan yang memadai meskipun itu puskesmas pembantu.

Bupati mengungkapkan keprihatinannya atas akses pelayanan kesehatan sangat jauh untuk bisa dijangkau masyarakat sehingga penanganan kesehatan sering kali terlambat diperoleh masyarakat. Di Kedampal saat ini baru memiliki lokasi pelayanan kesehatan yakni di Pustu Wates ,namun tidak maksimal pemanfaatnya dan Pustu di Datah, namun cukup jauh. Untuk menuju Puskesmas pun, harus ke Culik atau ke Abang. Lokasi ini jaraknya cukup jauh dengan kondisi masyarakat di Kedampal berada di bawah garis kemiskinan.

Bupati Dana menyadari hal ini dikarenakan sebagian masyarakat bekerja sebagai petani di lahan yang kurang subur. Sebagian lagi berternak, namun sekarang dirinya bersyukur, mindset para petani di daerah ini mulai terbuka untuk meningkatkan hasil pertanian. Para warga di sini sebagian besar yang berhasil karena mengandalkan sanak saudara atau anak yang bekerja di rantauan.

“Mengetahui hal ini, Saya dorong ke depan Kadiskes Karangasem untuk mengusulkan pelayanan kesehatan berupa Pustu, dimana Kadus atau Bendesa Adat bisa membantu menyiapkan lahan pembangunan Pustu. Permasalahan kita untuk melakukan pembangunan biasanya terkait lahan yang belum tersedia,jika ada, Pemerintah siap memfasilitasi,” imbuhnya.

Bupati Dana sanga ingin warganya di Kedampal kehidupannya meningkat, ekonominya maju, kesehatannya terjamin.

Sementara itu, Perbekel setempat gede Subrata, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bupati Dana bersama tenaga kesehatan yang mengelar kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Dusun yang berpenduduk 2000 orang kurang lebih 520 KK di Dusun Kedampal, Desa Datah.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan antusias dalam perisiapan digelarnya kegiatan ini,dimana situasi kondisi di wilayah ini tengah memasuki musim kemarau panjang,”ungkapnya.

Perbekel melalui kesempatan tersebut juga mengucapkan terimakasih atas perhatian Bupati Karangasem I Gede Dana yang memprioritaskan Masyarakat di Dusun Kedampal dalam menerima,bedah rumah,rehab rumah, bantuan beras, begitu juga telah dibangunnya Cubang di wilayah Kedampal untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Selain itu Bupati Dana juga meninjau sejumlah ruang kelas serta pembangunan sekolah yang sedang berjalan di wilayah tersebut. (ger/bfn)

 

Exit mobile version