Warung Sembako Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

warung-sembako-ludes-terbakar-kerugian-ratusan-juta
Personel Damkar Karangasem saat melakukan pemadaman api yang membakar warung sembako di wilayah Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten, Sabtu (25/11/2023)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com– Kebakaran hebat menimpa sebuah warung sembako di Banjar Basangalas, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Sabtu (25/11/2023)  pagi tadi. Amukan api juga membakar  sebuah kamar tidur yang posisinya bersebelahan dengan warung

Pemilik warung I Made Sueca (57) dan keluarga selamat dari maut. Kendati demikian kebakaran warung sembako berukuran 10 x 5 meter itu, memunculkan kerugian materiil  hingga ratusan juta rupiah. 

Adalah anak korban I Komang Agus Triyadi yang pertama kali melihat kejadian itu. Ceritanya, Sabtu pagi tadi sekitar 11.00 Wita,  Agus Triyadi baru pulang dari kondangan di rumah  tetangganya. Tiba di rumah dia mendapati api sudah berkobar membakar seluruh bangunan warung milik orang tuanya yang kebetulan saat itu sedang tidak berjualan. 

“Saat kebakaran  warung dan rumah korban sedang tidak berpenghuni karena semuanya keluar rumah. Warung juga . Warung dalam kondisi tutup,”  ungkap Perbekel Tribuana I Nyoman Kerti. 

Kerti  mengatakan, pemilik warung sempat bercerita, bahwa sebelum kebakaran terjadi  dia sempat bersembahyang di pelinggih pelangkiran yang ada di warungnya.  Sayang selesai sembahyang   api dupa yang masih menyala lupa dimatikan. Kebetulan di bawah tempat pelangkiran banyak benda yang mudah terbakar seperti kardus, plastik dan yang lainnya.

“Kemungkinan dupa sisa sembahyang yang masih menyala jatuh menimpa  kardus yang ada di bawahnya dan memicu terjadinya kebakaran ini,” kata Kerti sedikit menduga penyebab terjadinya kebakaran warung milik  warganya itu. 

Kebakaran hebat membuat semua barang dagangan yang ada di warung tersebut  hangus terbakar.  Beruntung kebakaran warung tidak sampai merembet ke bangunan yang lainnya karena cepat mendapat penanganan dari Damkar dan juga masyarakat sekitar. Akibat kejadian ini, korban diperkirakan mengalami kerugian materiil sekitar Rp300.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiyasa, mengatakan, pihaknya  mengerahkan 11 orang personil dan tiga unit armada Damkar untuk memadamkan amukan  Si Jago Merah yang melahap semua bangunan warung sembako milik Sueca. 

Hasilnya beberapa menit  berjibaku, api berhasil dipadamkan setelah 10 ribu liter air di semburkan  ke seluruh bangunan warung. Upaya keras 

“Bangunan warung   dan barang yang ada di dalamnya satupun tidak bisa diselamatkan. Kami hanya bisa menyelamatkan bangunan dapur dan garasi yang berada tepat di sebelah warung yang terbakar,”  tandas Made Agus Budiyasa. (tio/bfn)