Wilayah Pesisir Klungkung Dihantam Gelombang Besar Setinggi 3 Meter

wilayah-pesisir-klungkung-dihantam-gelombang-besar-setinggi-3-meter
Wilayah Pesisir Klungkung Dihantam Gelombang Besar Setinggi 3 Meter, Selasa(28/5)
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Warga pesisir pantai kawasan Klungkung dikejutkan dengan datangnya ombak besar menyapu kawasan pesisir. Dimana Ombak besar ini menerjang pesisir Klungkung mulai dari wilayah Pantai Tegal Besar Desa Negari, hingga ke wilayah Pantai Lepang di Desa Takmung, Kamis (29/5/2024). Saking tingginya ombak, air laut sampai masuk ke area villa dan resort di kawasan tersebut.
Ombak tinggi terpantau terjadi sekitar pukul 13.00 Wita. Siang itu, beberapa warga berdiri di tanggul pengamanan pantai. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan ombak besar.
“Sudah tiga hari kondisi ombak besar seperti ini di Pantai Lepang,” ujar seorang warga setempat, Made Nana, Kamis (29/5/2024).
Suara gemuruh seketika terdengar, ketika ombak besar tiba-tiba datang menghantam jogging track yang dibangun di atas tanggul. Warga pun berlarian menghindari ombak.
Tinggi ombak itu sekitar 3 meter, hingga air laut meluber ke areal resort di sisi selatan.
“Untung juga sudah dibangun tanggul. Kalau tidak air laut sudah jauh ke utara,” ungkap Made Nana.
Pemandangan serupa juga terjadi di Pantai Tegal Besar di Desa Negari. Ketinggoan ombak di pesisir tersebut sekitar 3 meter. Bahkan air laut sampai masuk ke halaman villa yang berdiri di sepanjang pesisir Pantai Tegal Besar.
Seorang pedagang di Pantai Tegal Besar Ni Nyoman Soka menjelaskan, kondisi ombak besar sudah terjadi 2 hari belakangan. Ia bersyukur telah dibangun tanggul di Pantai Tegal Besar, sehingga air laut tidak terlampau jauh menerjang daratan.
“Kalau tidak ada batu (tanggul pantai) itu, warung saya bisa hanyut diterjang ombak,” ungkap Nyoman Soka.
BMKG mengeluarkan peringatan gelombang tinggi antara 2 sampai 4 meter pada Rabu (29/5/2024) di sepanjang Samudera Hindia, tepatnya di pesisir Pulau Jawa, pesisir selatan Bali, hingga pesisir Selatan NTB. (Roni/bfn)
Exit mobile version