13 Tim Kabaddi Provinsi Berebut Tiket PON 2024

13-tim-kabaddi-provinsi-berebut-tiket-pon-2024
Ket foto : Ketua Panpel BK PON 2023 cabor kabaddi, IB. Gede Gana Putra Karang. Foto : bfn/ena
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Gelaran Babak Kualifikasi (BK) PON 2023 cabang olahraga (cabor) kabaddi yang dihelat di lantai 2 GOR Lila Bhuana Denpasar pada 20-22 Oktober 2023, jadi ajang perebutan tiket ke PON XXI/2024 oleh 13 tim kabaddi dari 13 provinsi yang ada di Indonesia.

Seperti diutarakan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) BK PON 2023, IB Gede Gana Putra Karang, 13 tim dari 13 provinsi tersebut yakni tuan rumah Bali, NTB, NTT, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung dan Banten.

“Mereka akan bertanding di dua nomor untuk putra dan putri yakni Four Five dan National Style. Ini merupakan BK PON yang pertama kali untuk status resmi, karena di PON XX/2021 di Papua cabor kabaddi statusnta masih dipertandingkan eksebisi,” kata pria yang akrab disapa Gus Gana itu di Denpasar, Kamis (19/10/2023).

Lantas bagaimana dengan peluang Bali ? Gus Gana yang juga Ketua Bidang Humas KONI Bali itu menjelaskan jika oeluang tim kabaddi Bali putra dan putri berpeluang lolos semuanya. “Astungkara Bali lolos semuanya, dengan pertimbangan karena Bali merupakan barometer cabor tersebut di Indonesia,” tegas Gus Gana.

Hanya saja memang Bali harus tetap waspada meski banyak dihuni atlet tim nasional kabaddi Indonesia, karena kabaddi merupakan olahraga yang mudah dimengerti, dipahami dan dijalankan. Tidak perlu alat khusus serta bisa dimainkan dimana-mana baik di dalam atau diluar lapangan. ” Jadinya perkembangan kabaddi sangat pesat diluar Bali,” paparnya.

Selain BK PON 2023 even itu juga dikemas dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) kabaddi dengan nomor yang dipertandingkan bertambah dua nomor yang dipertandingkan di BK PON 2023 yakni Super Five dan Three Star untuk putra dan putri. (ena/bfn)