17 Titik Jalan Rusak di Karangasem Segera Diperbaiki

PUPR Siapkan Anggaran Rp 50 Miliar

17-titik-jalan-rusak-di-karangasem-segera-diperbaiki
Wedasmara, Kadis PUPR-Perkim Kabupaten Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual News–Kabupaten Karangasem memiliki ruas jalan sepanjang 1.200 kilometer dan sepanjang 230 kilometer dalam kondisi masih rusak. Ruas jalan rusak sepanjang itu tahun ini baru bisa dilakukan perbaikan di 17 titik dengan panjang keseluruhan mencapai 35 kilometer.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Karangasem Wedasmara, mengatakan,  pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 juta untuk memperbaiki 17 titik  ruas jalan yang tersebut. Perbaikan tersebar di  semua kecamatan, terbanyak di Kecamatan Kubu (4 ruas jalan).

“Anggaran yang disiapkan  selain untuk pemeliharaan juga untuk perbaikan fisik jalan serta pembangunan unit jembatan box culvert di Kecamatan Abang,” kata Wedasmara, dikonfirmasi, Selasa (30/1/2024).

Saat ini proses perbaikan 17 titik jalan rusak masih dalam proses persiapan administrasi, seperti pembuatan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan yang lainnya.  Wedasmara berharap, bulan April proses perbaikan sudah dapat dilaksanakan. 

“Kami lebih memprioritaskan perbaikan ruas jalan yang kondisinya rusaknya paling parah. Selain  itu kami lebih mengutamakan perbaikan akses jalan  utama masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti akses jalan Karanganyar-Yeh Kori Bebandem,” jelasnya. 

Wedasmara mengakui, kendati ada perbaikan 17 titik jalan ruas jalan yang rusak, namun  Kabupaten Karangasem masih memiliki banyak jalan yang rusak. Alasannya, tahun ini perbaikan jalan  rusak baru  bisa dilakukan sepanjang 35 kilometer. Sedangkan ruas jalan rusak yang ada saat ini mencapai 230 kilometer.

“Ruas jalan yang masih tergolong bagus  hanya 78.43 persen dari total ruas jalan yang ada di Kabupaten Karangasem. Sisanya masih rusak. Ada yang tingkat kerusakannya sedang ada juga yang sudah rusak parah. Kami berharap adanya perbaikan jalan sepanjang 35 kilometer  akan mampu mengurangi ruas jalan yang rusak. Ruas jalan yang belum bisa diperbaiki tahun ini kami upayakan untuk memperbaikinya tahun depan,” pungkas Wedasmara. (tio/bfn)