Banjir Bandang Menerjang, Ketua DPRD Karangasem Dorong Pemerintah Normalisasi Sungai

banjir-bandang-menerjang-ketua-dprd-karangasem-dorong-pemerintah-normalisasi-sungai
Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika saat mengunjungi korban banjir bandang.

KARANGASEM, Balifactualnews.com –  Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika mendorong Pemerintah Daerah untuk segera melakukan normalisasi sungai sungai yang berpotensi rawan luapan air di musim penghujan.

Hal itu disampaikan Suastika, didasari atas bencana banjir bandang yang menerjang wilayah Karangasem beberapa hari terakhir ini, dari merusak sejumlah infrastruktur bangunan bahkan sampai merenggut korban jiwa.

Baca Juga : Ketua DPRD Karangasem : Jadikan Momentum Hari Soma Ribek Untuk Menjaga Kestabilan Pangan dan Merawat Pertiwi

Normalisasi sungai mesti dilakukan pemerintah sebelum musim penghujan tiba. Menurutnya hal itu sangatlah urgent untuk dilakukan terhadap sungai-sungai yang berpotensi airnya sering meluber.

‘Kita sudah saksikan sendiri bagaimana bencana akhir akhir ini yang menimpa saudara-saudara kita diakibatkan sungai yang meluap. Kalaupun belum bisa dilakukan normalisasi sungai secara keseluruhan, paling tidak dilakukan normalisasi atau pelebaran terhadap sungai sungai yang dianggap bisa memicu banjir bandang,” jelas Suastika kepada media ini Rabu(26/10/2022).

Suastika juga menegaskan kepada masyarakat agar menghindari mendirikan rumah di bantaran-bantaran sungai, untuk menghindari bencana yang bisa menimpa kapan saja. Tak hanya itu politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, selain agar aliran air sungai lancar juga keasrian dan kebersihan sungai tetap terjaga.

Lebih jauh Suastika menambahkan, menanam pohon pohon yang tahan terhadap banjir juga penting ditanam di bantar-bantaran sungai. “Ada banyak jenis pohon yang direkomendasikan bisa menahan banjir, bahkan telah dilakukan uji lapangan, seperti pohon durian, mangga, alpukat hingga pohon bambu,” terangnya.

“Oleh karena itu dalam menjaga alam, agar alam agar senantiasa bersabahat dengan kita adalah tugas kita bersama. Seperti visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang selalu didengungkan bapak Gubernur Bali, yang sangat relevan untuk kita bersama implementasikan di kehidupan sehari-hari, dimana dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali itu terkandung arti yakni Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali Beserta Isinya, Untuk Mewujudkan Kehidupan Krama Bali Yang Sejahtera dan Bahagia, Sakala-Niskala,” Tandasnya. (ger/bfn)

Exit mobile version