Belasan Terpapar, Dua Warga Bebandem Positif Meningitis

belasan-terpapar-dua-warga-bebandem-positif-meningitis
dr I Gusti Bagus Putra Pertama, Kadis Kesehatan Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com– Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem  memastikan  dua warga Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, positif meningitis usai menyantap olahan daging babi mentah, beberapa waktu lalu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, dikonfirmasi wartawan, Senin (3/6/2024) membenarkan hal itu. Dia mengatakan, kepastian itu didapatkan  setelah mendapatkan hasil pemeriksaan Tim Medis RSUD Karangasem dan RSUP Prof Ngoerah, Denpasar. 

“Hasil pemeriksaan medis dua warga Sibetan positif meningitis karena terisolasi bakteri streptococcus suis signifikan sebagai agen penyebab infeksi,” terang Putra Pertama. 

Dikatakan, dari belasan warga yang mengalami keluhan dengan gejala ke meningitis, sampai saat ini hanya tersisa dua orang yang menjalani perawatan di Rumah Sakit, satu diantaranya dirawat RSUP Prof. Ngoerah 

Menyikapi kondisi itu, Dinas Kesehatan setempat langsung turun melakukan penanganan dengan menindaklanjuti adanya laporan keluhan yang mengarah ke meningitis, setelah mengkonsumsi jenis makanan yang sama, seperti olahan daging babi yang belum matang 

“Saat mulai ada keluhan  yang mengarah ke meningitis, kami langsung turun melakukan penyelidikan epidemiologi dan mencari penyebabnya.  Hasil pelacakan memang ditemukan belasan masyarakat yang mengeluh dengan gejala yang sama seperti demam serta  gejala khas sakit di leher atau kaku kuduk akibat dugaan adanya peradangan di selaput otak,” jelas Putra Pertama. (tio/bfn)