Berbaur dengan Pekerja, Bupati Gede Dana Terjun Langsung Ikut Tangani Longsor di Jalur Sanghyang Ambu

berbaur-dengan-pekerja-bupati-gede-dana-terjun-langsung-ikut-tangani-longsor-di-jalur-sanghyang-ambu
Bupati Karangasem I Gede Dana terjun langsung ikut berbaur dengan pekerja ikut menangani longsor di jalur Sanghyang Ambu Desa Bugbug, Jumat(7/6/2024)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Karangasem sejak malam kemarin menyebabkan longsor di sejumlah titik. Salah satunya adalah dijalur wilayah Sanghyang Ambu Desa Bugbug, pada Jumat(7/5), dimana jalur ini selalu menjadi langganan longsor material bukit setiap hujan lebat.

Timbunan material longsor pun menggunung memenuhi jalan raya dan menyebabkan pengendara jalur Denpasar – Amlapura kesulitan melintas. Pihak BPBD dibantu kepolisian pun langsung terjun membersihkan material longsor, tak ketinggalan pula Bupati Karangasem I Gede Dana terjun langsung ikut berbaur dengan pekerja menangani longsor tersebut, agar kemacetan segera terurai.

“Setelah mendapat laporan terjadinya longsor dan menyebabkan kemacetan, saya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. Sesampai saya disini material tanah yang menutupi akses jalan sangat banyak dan tinggi. Saya langsung instruksikan BPBD untuk terjunkan alat berat,” ujar Gede Dana.

Setelah 4 jam semua pihak bekerja keras untuk menuntaskan longsoran yang meluber ke jalan raya, akhirnya lalu lintas kembali normal, walau masih ada sisa sisa material yang belum sepenuhnya bisa disingkikan.

Pada kesempatan itu, Bupati Gede Dana juga sempat mendatangi rumah warga yang terkena longsor, yang mengalami kerusakan di bagian tembok pembatasnya. Bupati juga mengimbau warga dan masyarakat lainnya agar selalu waspada saat terjadinya hujan lebat yang cukup lama, terutama warga yang rumahnya dekat tebing, perbukitan atau di dekat aliran sungai, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Masyarakat agar selalu waspada dengan potensi bencana, disaat musim kemarau ini tiba tiba datang hujan lebat. Bencana selalu datang tiba tiba, kita harus selalu waspada,” ujarnya.

Gede Dana menyebut, kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait karena akses jalan tersebut merupakan jalan provinsi. ” Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencarikan solusinya agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (ger/bfn)